Kastel-kastel Tertua di Jepang

0
187

Sebagai bangunan penting dan ikonik pada masanya, kastel-kastel tertua di Jepang ini tak hanya menyuguhkan panorama cantik, namun juga menyimpan kisah sejarah yang menarik. Inilah beberapa di antaranya.

Kastel Hirosaki

Kastel yang berlokasi di Prefektur Aomori ini memiliki reputasi melalui cherry blossom-nya yang cantik dan Festival Nebuta – festival lentera di musim panas. Kastel Hirosaki merupakan bangunan lima tingkat yang berada di bawah supervisi Lord Tsugar sekitar abad 17. Kejadian unik terjadi sekitar 1627, di mana kastel sempat rusak akibat tersambar kilat, kemudian dilakukan pembangunan ulang dengan mengubah struktur bangunan menjadi tiga tingkat.

Kastel Marugame

Berada di Prefektur Kagawa, Kastel Marugame memang tidak terlihat masif dari segi ukuran, namun begitu kokoh di atas bukit yang dlapisi dinding batu. Ikoma Chikamasa menjadi orang penting yang bertalian dengan sejarah kastel ini. Ia merupakan penguasa area Sanuki yang awalnya memerintah di Kastel Takamatsu, kemudian pindah dan membangun Kastel Marugame sekitar 1597. Di 1641, Yamazaki Ieharu mendapat bantuan sehingga ia dapat membangun kembali kastel ini dan terus bertahan hingga sekarang dan menjadi bangunan ikonik di kota Marugame – kota kedua terbesar di Prefektur Kagawa.

Kastel Matsumoto

Konstruksi Kastel Matsumoto dimulai sekitar 1504, di bawah perintah Shimadachi Sadanaga, yang kemudian dilanjutkan oleh Lord Ishikawa Kazumasa dan putranya. Kastel bertingkat enam ini merupakan salah satu donjon (kastel) tertua yang dimiliki Jepang yang masih berdiri hingga sekarang, walau sempat mengalami restorasi di awal 1950. Kastel Matsumoto yang berjaya di periode Sengoku berada di kota Matsumoto, Prefektur Nagano, serta dapat dijangkau menggunakan bus maupun kereta dari Tokyo.

Kastel Hikone

Saat berada di Kyoto, jangan lupa untuk singgah di Kastel Hikone yang menjadi salah satu bukti sejarah penting di Prefektur Shiga. Kastel Hikone tampil artistik dengan mengusung sejumlah gaya arsitektural, yang bersanding dengan kecantikan Danau Biwa – danau terbesar di Jepang. Tak banyak yang berubah dari Kastel Hikone sejak pertama kali dibangun sekitar 1600, di mana dibutuhkan 20 tahun untuk merampungkan seluruh bangunan yang menjadi rumah bagi keluarga Li, penguasa saat itu dari 1622 hingga 1867.

Kastel Kochi

Shikoku, salah satu prefektur paling selatan di Jepang, memiliki Kastel Kochi yang rampung dibangun pada 1611. Bangunan yang berdiri di Bukit Otasaka ini sempat rusak akibat terbakar pada 1727, sebelum dibangun kembali 25 tahun kemudian. Kastel Kochi merupakan satu-satunya kastel di Jepang yang semua bangunannya merupakan bagian dari proyek pelestarian. Kastel ini juga dikenal sebagai objek foto terpopuler karena merupakan satu-satunya kastel di Jepang yang dapat menangkap Otemon (gerbang utama) dan menara dalam satu bidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here