Qantas Inisiasi Pesan Keselamatan Saat Wisata ke Pantai

Hasil laporan Surf Live Saving Australia (SLSA) menyatakan bahwa sembilan wisatawan meninggal akibat tenggelam di pantai Australia setiap tahunnya dan lebih dari 30 persen di antaranya berasal dari Asia. Menyingkapi hasil yang cukup memprihatinkan ini, Qantas Airline bekerja sama dengan SLSA melakukan inisiasi untuk melindungi wisatawan yang berkunjung ke pantai melalui pengumuman pesan keselamatan di penerbangan dengan rute kota pesisir selama musim panas ini. Data wisatawan yang tenggelam ini sebagian besar dikarenakan tidak pahamnya korban mengenai risiko keselamatan saat berada di perairan berombak. SLSA menunjukkan laporan bahwa lebih dari 40 persen korban tengah berenang di laut saat insiden terjadi, 24 persen di antaranya sedang melakukan aktivitas snorkeling, dan 10 persen sisanya bermain papan selancar, kayak, atau body board.

Langkah tegas mesti diambil guna meminimalisir korban lain yang bisa berjatuhan. Inisiasi keselamatan saat mengunjungi pantai berisi himbauan agar penumpang Qantas selalu berenang di area yang dibatasi bendera merah dan kuning, sehingga mereka berada di kawasan yang dijaga ketat penjaga pantai dan regu penyelamat berselancar. Pesan keselamatan ini sudah dilakukan Qantas di sejumlah penerbangannya sejak 21 November 2018 dan akan terus berjalan selama periode musim panas (hingga April 2019) yang menjadi waktu kunjung wisatawan terbanyak ke pantai. Kampanye ini mencakup rute penerbangan regional, domestik, dan internasional ke kota-kota besar di tepi pantai di tiga negara bagian Australia yang mencatat angka tertinggi kematian wisatawan akibat tenggelam, yaitu Queensland (41 persen), New South Wales (27 persen), dan Australia Barat (23 persen). Pesan keselamatan yang dilakukan di penerbangan rute internasional menuju Australia disampaikan dalam beberapa bahasa asing.

Vanessa Hudson selaku Qantas Chief Customer Officer menyatakan bahwa, “Qantas mendukung penuh SLSA untuk mengingatkan para pengunjung pantai untuk berwisata yang aman. Maskapai kami melayani sejumlah rute yang menjadi rumah bagi destinasi pantai terindah di Australia dan regu penyelamat berselancar yang dimiliki merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Oleh karena itu kami ingin membantu mengingatkan wisatawan bahwa mereka dapat menikmati kunjungan ke pantai dengan cara yang aman, berenang di area yang ditentukan, dengan demikian mereka dapat pulang dengan selamat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here