Mempercepat Proses Pemeriksaan di Bandara

Secepat apa pun tiba di bandara, bahkan bila sudah melakukan check-in via daring sebelumnya, tetap saja mesti melalui pemeriksaan barang yang yang tak dapat dikontrol waktunya. Bisa saja Anda terjebak lebih lama karena melewatkan hal-hal penting yang mestinya bisa disiasati sedari awal. Simak beberapa tip dari Transportation Security Administration (TSA) untuk mempercepat proses pemeriksaan diri dan barang bawaan di bandara.

1. Siapkan Dokumen Perjalanan

Pastikan untuk menyiapkan bukti identitas diri (kartu tanda pengenal atau paspor) dan boarding pass di tempat yang mudah diakses begitu tiba di bagian pemeriksaan, misalnya di saku depan tas atau saku jaket. Sediakan passport holder untuk menyimpan semua dokumen bersamaan agar Anda tak perlu mencarinya secara terpisah.

2. Pilih Antrean yang Tepat

Perhatikan jenis antrean yang akan dipilih saat pemeriksaan. Tidak selamanya antrean yang pendek akan lebih cepat, yang perlu diamati adalah jenis penumpangnya. Biasanya penumpang tipe pebisnis akan lebih cepat melewati bagian pemeriksaan karena mereka lebih praktis dalam bepergian, sementara penumpang yang membawa bayi akan menyita waktu pemeriksaan yang setara dengan empat penumpang reguler. Selain itu, saat mengantre, pergilah ke jalur paling kiri atau paling kanan karena biasanya pejalan pemula akan berjalan lurus dan berakhir mengantre lebih lama.

3. Amankan Barang Bawaan 

Sedari awal pastikan untuk mengamankan barang-barang seperti perhiasan (dari logam), kunci di saku celana dan di jaket, laptop, ikat pinggang, ponsel – yang semuanya sudah dilepas dan ditempatkan di tas, sehingga Anda tak perlu repot lagi untuk membereskan barang bawaan begitu tiba giliran diperiksa. Beberapa pemeriksaan juga mengharuskan penumpang untuk membuka sepatu, sehingga sebaiknya menggunakan kaos kaki untuk kebersihan dan kenyamanan.

4. Cairan Tidak Melebihi 100 Mililiter

Cairan berupa liquid, aerosol, dan gel (LAG) – seperti parfum, minuman, odol, kosmetik, krim, balsem, dan gel rambut –  yang dibawa ke dalam kabin masing-masing tidak boleh melebihi 100 mililiter atau 100 gram dan mesti dimasukkan dalam satu kantong plastik transparan. Total volume benda cair dalam kantong tersebut juga tidak boleh lebih dari satu liter. Demi efisiensi, tuang cairan gel ke dalam botol ukuran mini, beli label agar mudah diperiksa, lalu letakkan di saku depan tas atau area yang akan memudahkan pengambilan saat ditanya petugas.

5. Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang Elektronik

Semakin banyak perangkat elektronik yang dibawa, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan saat melewati pemeriksaan keamanan. TSA mengharuskan penumpang untuk melepaskan alat elektronik besar dari sarungnya, seperti laptop, camcorder, dan alat pemutar DVD, di mana barang-barang tersebut mesti diletakkan di nampan tersendiri saat melalui mesin X-ray.

6. Bersikap Ramah

Menemui banyak penumpang dengan berbagai karakter bisa menjadi hal yang menjemukan bagi petugas pemeriksa. Berperilaku ramah dan bersahabat selagi melalui pemeriksaan cukup membantu untuk mempermudah proses, selain dibarengi iktikad yang membantu petugas agar pemeriksaan berlangsung efisien dengan melakukan sejumlah tip di atas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here