5 Festival Musim Dingin Terbaik di Korea Selatan

Kemeriahan musim dingin biasanya diikuti dengan sejumlah festival menarik, seperti di Korea Selatan yang begitu marak menyambut datangnya musim ini. Apa saja festival musim dingin menarik yang bisa dinikmati jika bertualang di Korea Selatan?

1. Taebaeksan Snow Festival

Digelar tiap tahunnya di Taebaeksan Mountain, Taebaeksan Snow Festival menawarkan pengalaman festival musim dingin yang menakjubkan melalui ragam pahatan es dari seniman lokal dan internasional, festival snowman, kontes panjat tebing es, permainan tradisional khas musim dingin, dan acara menarik lainnya. Taebaek merupakan kota kecil di Provinsi Gangwon yang dapat ditempuh dari Seoul dengan berkendara sekitar tiga jam perjalanan. Salah satu bagian menarik yang kerap dikunjungi pengunjung adalah ice cafe, sebuah kedai untuk bersantai, yang interiornya terbuat dari es, biasanya pengunjung akan menghabiskan waktu sambil menyeruput segelas cokelat panas untuk menghangatkan tubuh. Taebaeksan Snow Festival biasa digelar pada Januari setiap tahunnya.

2. Hwacheon Sancheoneo Ice Festival

Festival musim dingin biasanya akan diramaikan dengan area untuk bermain ski atau menampilkan pahatan es berukiran unik, namun berbeda dengan Hwacheon Sancheoneo Ice Festival yang didesain sebagai fishing ice festival yang dinominasikan CNN sebagai satu dari tujuh atraksi musim dingin terbaik di dunia. Festival ini dimulai pada 2003 yang diisi dengan kegiatan menangkap ikan trout di sungai yang membeku dengan tangan kosong. Selepas menangkap ikan yang penuh keseruan karena tidaklah mudah menangkap ikan tanpa bantuan alat pancing, pengunjung festival akan memasak hasil tangkapan mereka atau dimakan mentah seperti sashimi. Kemeriahan festival ini sudah menarik satu juta pengunjung setiap tahunnya dan menaikkan reputasinya sebagai salah satu festival musim dingin penting di dunia, apalagi didukung dengan sejumlah acara menarik, seperti pertunjukan seni, jalanan yang dihiasi lampu berwarna-warni, dan pameran ukiran es. Hwacheon Sancheoneo Ice Festival berikutnya akan digelar pada 5-27 Januari 2019 di Hwacheoncheon Stream, Hwacheon-gun, Gangwon-do.

3. Inje Icefish Festival

Danau Soyangho merupakan area pengembangbiakan ikan terbesar karena terdapat sekitar 50 jenis ikan air tawar, seperti cyprinus carpio nudu, trout, carp, belut, dan masih banyak lagi. Di musim dingin, danau ini menjadi tuan rumah perhelatan Inje Icefish Festival, yang juga merupakan festival yang tak hanya menggelar aktivitas menangkap ikan semata. Di sini, pengunjung Inje Icefish Festival dapat mengikuti kegiatan mencicipi icefish, seluncur di tumpukan salju, atau bermain sepak bola di lapangan es. Inje Icefish Festival biasanya diadakan di Injedaegyo Bridge di Nam-myeon, Injegun, Gangwon-do sekitar Januari.

4. Pyeongchang Trout Festival

Odaecheon Stream di Pyeongchang-gun menjadi panggung utama selebrasi Pyeongchang Trout Festival yang tahun ini berlangsung dari Desember hingga Februari 2019. Pemandangan Pyeongchang yang baru saja menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018 akan membuat siapa saja takjub, saking indahnya membuat banyak orang menjulukinya sebagai Alpen-nya Korea. Tahun ini Pyeongchang Trout Festival mengusung tema A Winter Story of Snow, Ice, and Trout yang diisi dengan kegiatan menangkap ikan trout dengan tangan kosong, bermain seluncur es, dan pertunjukan menarik lainnya.

5. Hongcheon River Ginseng Trout Festival

Sungai Hongcheonggang begitu istimewa dengan kehadiran ginseng trout berumur enam tahun. Ikan dipancing di atas es dan seperti festival ikan musim dingin lainnya di Korea, peserta mesti menangkapnya dengan tangan kosong. Acara yang marak ini digelar di Vivaldi Park Snow World yang juga diramaikan dengan kehadiran area untuk bermain seluncur es, pameran patung ukiran es, pergantian atap jerami rumah, dan mengendarai keledai. Bagi pecinta kuliner, festival ini juga menjajakan makanan lokal yang dapat ditemui di pasar makanan. Bagi yang ingin merasakan kemeriahan Hongcheon River Ginseng Trout Festival, acara ini akan berlangsung pada Januari 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here