Perjalanan Duke & Duchess of Sussex di Selandia Baru

Pangeran Harry dan Meghan Markle baru menyelesaikan kunjungan kerajaan mereka ke Selandia Baru selama empat hari dengan mengunjungi Wellington, Nelson Tasman, Auckland, dan Rotorua. Disambut hangat oleh Perdana Menteri New Zealand Jacinda Ardern, Badan Pariwisata Selandia Baru pun kemudian membuat peta kunjungan pasangan kerajaan ini bagi para wisatawan yang ingin menapak tilas perjalanan mereka. Berikut catatan menarik dari perjalanan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Selandia Baru berikut rekomendasi aktivitas di tempat-tempat yang mereka kunjungi.

  1. Wellington 

Duke dan Duchess of Sussex mengawali kunjungan mereka di Selandia Baru di ibu kota negara. Disambut dengan upacara meriah di Government House, keduanya pun melakukan hongi (saling menempelkan hidung dengan lembut yang merupakan salam khas suku Maori) dengan Gubernur-Jenderal Kaumātua dan Kuia (tetua Māori). Mereka juga disambut oleh ritual pōwhiri yang menghadirkan haka dari Angkatan Bersenjata New Zealand, serta prosesi penghormatan 21 tembakan ke udara. Pangeran Harry dan Meghan Markle kemudian mengunjungi Pukeahu National War Memorial untuk meletakkan karangan bunga di Tomb of the Unknown Warrior, kemudian melanjutkan perjalanan ke UK War Memorial yang baru diresmikan untuk menyaksikan pohon dari perunggu yang dibuat seukuran aslinya karya Weta Workshop dan terinspirasi dua pohon ikonik negara ini, yaitu Royal Oak dan Pohutukawa.

Tip: Wellington memiliki banyak koleksi dan pameran menarik di Museum New Zealand Te Papa Tongarewa selain pemandangan menakjubkan dari puncak Gunung Victoria yang dapat diakses dengan berjalan kaki atau naik bus. Kota ini juga merupakan pusat industri film Selandia Baru dan tersedia tur “Wellywood” untuk mengunjungi berbagai lokasi syuting dan mampir ke Weta Workshop, studio desain yang mutakhir dan telah terlibat dalam berbagai film laris, seperti Blade Runner 2049.

  1. Nelson Tasman 

Di wilayah Abel Tasman, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunjungi Abel Tasman National Park di ujung barat laut Pulau Selatan. Terkenal akan pasirnya yang keemasan, airnya yang biru turquoise, dan hutannya hijau zamrud, di sini mereka disambut perwakilan suku Māori setempat. Selanjutnya, mereka berjalan santai di Pantai Totaranui ditemani  penjaga taman yang memberikan keterangan mengenai hutan di Abel Tasman National Park, serta berbagai tantangan dalam melindungi taman nasional termuda di Selandia Baru tersebut.

Tip: Nelson Tasman terkenal akan pemandangan alamnya yang menakjubkan dan dapat dinikmati dengan  bersepeda melewati Tasman’s Great Taste Trail atau melakukan skydive di Abel Tasman National Park.

  1. Auckland

Kunjungan Duke dan Duchess of Sussex ke Auckland adalah untuk memberikan area konservasi seluas 20 hektar yang masih terjaga kepada The Queen’s Commonwealth Canopy. Mereka juga menyempatkan menyapa masyarakat yang berkumpul di Viaduct Harbour, sebelum menghadiri resepsi yang diselenggarakan Perdana Menteri Jacinda Ardern di Auckland War Memorial Museum dengan berbagai pertunjukan budaya oleh para anggota komunitas Pasifika.

Tip: Dari mengunjungi salah satu pulau indah di Hauraki Gulf hingga mendaki gunung berapi yang tidak lagi aktif, Auckland menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lewatkan bungy jumping di Sky Tower dengan pemandangan kota yang spektakuler atau menikmati wisata perahu dengan dasar kaca di Pulau Goat, serta bersantap dan belanja sepuasnya di kawasan pusat kota yang gempita.

  1. Rotorua

Pasangan kerajaan ini menghabiskan hari terakhir perjalanan mereka di Rotorua yang merupakan destinasi wisata tertua di Selandia Baru. Mereka mengunjungi Te Papaiouru marae (tempat pertemuan komunitas Māori) untuk menerima sambutan formal dari tuan rumah suku Te Arawa Māori. Tuan rumah memberikan hadiah korowai (jubah Māori)  kepada Duchess of Sussex untuk dikenakan di Ōhinemutu (sebuah desa Maōri di Rotorua) sebelum masuk ke area utama marae. Dengan melakukan ritual tersebut, Meghan Markle mengikuti jejak anggota kerajaan wanita sebelumnya, termasuk Ratu Elizabeth II yang pertama kali ke Rotorua pada 1954. Pangeran Harry dan Meghan Markle kemudian mengunjungi pusat pembiakan burung kiwi di Rainbow Springs untuk melihat program pengembangbiakan burung langka tersebut dan melihat dua ekor kiwi yang menetas 15 menit sebelum mereka tiba di lokasi. Pasangan kerajaan ini pun mendapat kehormatan untuk memberi nama kedua bayi kiwi tersebut dan mereka pun memilih nama Koha yang berarti ‘karunia’ dan Tihei yang berasal dari istilah ‘Tihei mauri ora’ dan berarti ‘embusan kehidupan’. Sebelum mengakhiri perjalanan, keduanya menyusuri kanopi Californian Redwoods di Redwood Forest yang berusia 117 tahun untuk menikmati pemandangan terbaik dari puncak.

Tip: Nikmati rimbunnya pepohonan, rumah bagi beragam spesies burung kawasan bumi selatan di Redwoods TreeWalk, selain mendapatkan informasi menarik seputar suku Māori di Whakarewarewa Geothermal Valley, Te Puia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here