Expedia Jalin Kerja Sama dengan Kemenpar

Expedia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan dan meningkatkan permintaan pariwisata di 15 tujuan utama di Indonesia. Perjanjian pertama melibatkan kontrak pemasaran digital selama tiga bulan dengan Expedia Group Media Solutions untuk mempromosikan Indonesia kepada para wisatawan di bawah naungan program Wonderful Indonesia 2018, sementara kontrak kedua membuat para wisatawan bisa memesan perjalanannya ke Indonesia di situs resmi Kemenpar www.indonesia.travel lewat berbagai situs Expedia di Singapura, Korea, dan Jepang dalam sebuah kontrak Application Programming Interface (API).

Kedua kontrak mengandalkan jangkauan global Expedia dengan situs daring pemesanan layanan pariwisata di 40 negara. Kemenpar juga ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia demi mencapai target 17 juta kunjungan wisatawan internasional pada akhir 2018.

Selama 12 bulan, kontrak API antara Kemenpar dan Expedia akan berfokus untuk menarik pengunjung dari 45 kota utama di 18 pasar sasaran, termasuk Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Australia, serta menghubungkan wisatawan potensial tersebut ke Expedia lewat penayangan unit periklanan secara strategis di www.indonesia.travel. Langkah ini akan membantu para wisatawan internasional dalam memanfaatkan beragam pilihan pemesanan layanan liburan, termasuk berbagai pilihan penerbangan dari 500 lebih maskapai dan akses lebih dari 750.000 properti penginapan. Selain itu, Expedia akan menyediakan diskon dan promosi liburan ke Indonesia demi meningkatkan kunjungan wisatawan internasional ke sejumlah tujuan utama itu. Di samping Jakarta dan Bali, beberapa tujuan tersebut meliputi Danau Toba, Lombok, Bandung, Banyuwangi, dan Labuan Bajo.

“Dengan menggaet Expedia sebagai mitra media, kami yakin bisa mencapai target-target tersebut. Sebagai penyedia layanan kepariwisataan ternama di dunia, serta memiliki popularitas dan reputasi besar di dunia, kami yakin Expedia akan membantu kami dalam mempromosikan tujuan-tujuan liburan kepada audiens yang lebih luas, baik secara regional dan global. Kami juga berharap, lewat kerja sama ini, kami bisa memperbanyak prospek wisatawan pada situs pariwisata Indonesia serta melakukan konversi di platform Expedia,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

“Kami gembira dapat bekerja sama dengan Kemenpar RI dalam program penting ini demi meningkatkan kunjungan wisatawan internasional ke beberapa tujuan penting di Indonesia. Jaringan global Expedia yang luas, dan keahlian kepariwisataan yang mendalam di berbagai pasar lokal yang dijangkau Expedia, membuat kami bisa membantu kalangan wisatawan menemukan pilihan tepat untuk pengalaman liburan yang terbaik. Para wisatawan tak hanya bisa memanfaatkan beragam program promosi pada sejumlah situs Expedia, lebih jauh lagi, kemudahan penggunaan platform dan keringkasan melakukan pemesanan layanan di situs-situs kami akan turut mendorong wisatawan memesan liburan untuk mengunjungi keindahan Indonesia,” jelas Greg Schulze, Senior Vice President, Commercial Strategy and Services, Expedia Group.

Pengumuman ini juga menekankan komitmen Expedia terhadap kerja sama dan hubungan dekat kami dengan Kemenpar. Kami berharap Expedia akan terus berperan penting dalam mewujudkan ambisi pariwisata Indonesia, termasuk strategi pertumbuhan Jokowi untuk membuat 10 Bali Baru,” ujar Ang Choo Pin, Senior Director, Government and Corporate Affairs Asia, Expedia Group.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here