Perjalanan Menyelamatkan Gajah

Fakta bahwa populasi gajah di seluruh dunia mulai menunjukkan kekhawatiran, mengingat pada 2010 hingga 2012 diketahui sekitar 100.000 gajah dibunuh karena permintaan gading yang tinggi di Tiongkok. Para gajah ini juga mulai kesulitan mencari sumber makanan karena habitatnya mulai diubah warga menjadi kebun untuk menanam bahan pangan. Kasus bayi gajah yang terpisah dari induknya serta perlakuan tidak adil gajah-gajah yang digunakan untuk kebutuhan pariwisata masih menjadi persoalan tanpa solusi.

Meyingkapi hal ini dan bertepatan pula dengan Hari Apresiasi Gajah yang jatuh pada 22 September, lima relawan melakukan Responsible Travel yang membantu kelangsungan dan pelestarian kawanan gajah di seluruh dunia. Mana saja tempat-tempat yang dikunjungi para relawan ini, yang dapat menjadi inspirasi pejalan untuk turut menyelamatkan kelangsungan hidup gajah?

Elephant Conservation Vacation Thailand

Thailand merupakan salah satu negara yang populer mempertontonkan kehebatan gajah serta memudahkan wisatawan untuk berinteraksi dengan hewan mamalia yang tidak bisa melompat ini. Berkunjung ke Elephant Conservation Vacation Thailand, pengunjung dapat melihat para relawan bekerja bersama staf lokal merawat sekitar 20 gajah Asia yang mengalami tindak kekerasan dan terluka, di mana setiap harinya mereka akan diberi makan, dimandikan, dan diberi perawatan medis.

Laos Elephant Volunteering for Over 40’s

Pusat perawatan gajah ini memfokuskan kunjungan relawan yang berusia di atas 40 tahun dan sanggup menyediakan waktu selama seminggu untuk merawat kawanan gajah yang dipelihara di sini. Berlokasi sekitar tiga jam dari kota Luang Prabang, Laos Elephant Volunteering for Over 40’s dikelilingi lanskap alam indah, seperti danau, pegunungan, dan hutan hujan. Relawan dapat berpartisipasi dalam aktivitas pengawasan gajah, termasuk merawatnya secara personal.

Elephant and Wildlife Conservation Volunteering in Sri Lanka

Berbeda dengan pusat konservasi gajah lainnya, Elephant and Wildlife Conservation Volunteering in Sri Lanka yang berdiri di Sri Lanka National Park memfokuskan proyek seputar mencari gajah-gajah liar sekaligus bekerja sama dengan komunitas lokal untuk menciptakan kehidupan yang bersinergi antara hewan liar dengan manusia. Di sini, relawan dapat membantu petani lokal yang hidup berdampingan dengan  300 gajah liar, sembari mereka harus mengusahakan lahan taninya untuk terus menghasilkan tanaman pangan tanpa menimbulkan konflik dengan makhluk hidup lainnya.

Elephant Conservation Volunteering Namibia

Konservasi di Namibia ini mendayagunakan para relawannya untuk berperan melestarikan gajah-gajah liar di padang gurun Namibia. Partisipan dapat terlibat langsung melakukan pelacakan gajah, memonitori kelangsungan hidupnya, dan melindungi hewan ini dengan bekerja bersama penduduk lokal yang memfasilitasi air bagi kawanan gajah.

Volunteer With Elephants in South Africa

Badan konservasi gajah ini didedikasikan bagi kawanan gajah yang menjadi korban kekerasan manusia dan yang terkena bencana alam. Volunteer With Elephants in South Africa mengajak partisipan menjadi bagian penting dari tim, membantu segala aspek untuk memastikan gajah-gajah ini terpelihara dengan baik, seperti menyiapkan makanannya dan memantau kesehatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here