Gunung Kinabalu, Salah Satu Rute Pendakian Terbaik di Dunia

0
1238

Lonely Planet yang sudah diakui sebagai panduan dan referensi perjalanan baru-baru ini merilis daftar 50 rute pendakian terbaik di dunia, yang dirangkum oleh sekitar 200 penulis. 50 jalur pendakian yang dipilih berada di 30 negara dan Gunung Kinabalu di Malaysia masuk dalam daftar tersebut. Masuknya gunung yang berada di Sabah ini karena diakui memiliki jalur pendakian yang menantang.

Dengan ketinggian 4.093 meter di atas permukaan laut, gunung tertinggi ketiga di kawasan Asia Tenggara  ini diakui memiliki tantangan dan keseruan tersendiri saat mendakinya. Para pendaki mesti menempuh perjalanan melewati hutan yang rimbun, pegunungan berbatu granit, dataran yang tandus, untuk menjangkau gunung yang dikeramatkan di Pulau Kalimantan.

Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Gunung Kinabalu?

-Aman Bagi Pemula

Mendaki gunung bukanlah perkara yang mudah dilakukan, terlebih bagi pemula yang tidak memiliki rekor mendaki sebelumnya. Gunung Kinabalu yang sekilas terlihat sukar untuk dicapai ternyata ramah bagi pemula, mulai dari trek pendakian yang sudah dibuat senyaman mungkin dengan tangga dan pegangan, tersedianya fasilitas penginapan, kamar mandi, dan tempat makan, sehingga pendaki pemula cukup membawa kebutuhan pribadi saja.

-Terorganisir dengan Baik

Dikelola oleh pemerintah dan pihak swasta, Gunung Kinabalu begitu terorganisir dan menjamin keamanan dan kenyamanan para pendakinya. Tiap tahunnya pengelola membatasi jumlah pendaki yang berkunjung, dengan pelayanan yang begitu terorganisir. Pendaki dapat menikmati layanan makan prasmanan, kamar mandi yang tersedia di tiap pos pendakian, bahkan terdapat hotel dan helipad di atas gunung.

-Bebas Sampah

Dengan tatanan pelayanan yang dibuat sedemikian rupa, pendaki begitu nyaman menyusuri jalur pendakian yang bebas sampah. Tersedianya tempat sampah di tiap pos pendakian dan terdapatnya toilet dengan air bersih tentu berimbas pada nihilnya sampah tisu yang berserakkan.

-Diakui UNESCO

Gunung Kinabalu diakui UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Dengan gelar ini berarti kawasan gunung dilindungi dan wajib dilestarikan karena memiliki kekayaan hayati yang beragam, sehingga layak untuk masuk dalam daftar gunung yang harus didaki.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here