Mengapa Selandia Baru Seru untuk Berolahraga 

0
304

Alam yang indah dan medan yang menantang membuat Selandia Baru tak hanya menyenangkan untuk bersantai menikmati alam dan menghirup udara bersih, namun juga di sela-sela kunjungan, baik untuk berlibur maupun urusan pekerjaan, menyempatkan untuk melakukan lima jenis olahraga berikut – yang beberapa di antaranya telah dikemas ke dalam event terkenal – dijamin akan membuat kenangan akan negara ini lebih berkesan.

  1.   Lari

Selandia Baru pun tak luput dari demam lari, sehingga negara ini kemudian memiliki beberapa acara maraton, seperti Hawke’s Bay International Marathon yang  menawarkan rute lari yang mudah dan datar melalui jalur sepeda, kebun anggur, serta kebun zaitun dan jalan pedesaan yang tenang. Sementara itu, Queenstown International Marathon mengambil lokasi lari melintasi Pegunungan Crown dan Remarkable yang terkenal. Kedua maraton tersebut dapat diikuti oleh seluruh keluarga, dengan pilihan jarak 42 kilometer, 21 kilometer, 10 kilometer, dan bahkan 3 kilometer untuk anak-anak.

2.  Golf

Merupakan salah satu olahraga yang paling populer di negara ini, setidaknya terdapat 400 lapangan golf dengan pemandangan spektakuler di sini. Salah satu yang terkenal adalah lapangan golf kelas dunia Jack’s Point di Queenstown di tepi Lake Wakatipu. Untuk sebuah pengalaman bermain golf di lembah sepanjang 6.510 meter dengan pemandangan memukau, lapangan golf Cape Kidnappers  pada elevasi 140 meter di atas permukaan laut lah tempatnya.

3.   Bersepeda

Bagi para penggemar bersepeda yang suka menjelajahi off-road dengan santai, dapat mencicipi Otago Central Rail Trail sepanjang jalan dapat mengagumi pemandangan khas bagian tengah Otago. Namun jika ingin menikmati jalur yang lebih panjang, The Alps 2 Ocean Cycle Trail bisa menjadi  alternatif. Terbentang dari Alpen Selatan hingga Samudra Pasifik, jalur ini merupakan rute terpanjang di Selandia Baru dan dapat dilakukan oleh semua usia dan tingkatan kemampuan bersepeda.

4. Kayaking

Selandia Baru dikelilingi oleh laut dan danau untuk pengalaman kayaking yang tak terlupakan, seperti yang ditawarkan dengan naik kayak transparan di Goat Island Marine Reserve untuk sekaligus melihat kehidupan biota laut, termasuk hutan rumput laut. Alternatif lainnya adalah mengayuh kayak sambil menikmati pemandangan Pembroke Glacier di kawasan Milford Sound, Fiordland. Tersedia wisata kayaking dengan pemandu untuk siang dan malam hari bagi yang ingin menikmati pemandangan pegunungan, air terjun, dan satwa liar di sekitar daerah tersebut.

  1.  Hiking

Petualangan hiking di Lake Waikaremoana, Pulau Utara, dapat dimulai dari Panekire Bluff. Selama tiga hingga empat hari, kaki akan diajak melintasi hutan dan lahan semak belukar dengan melewati air terjun, sungai, dan lembah berkabut yang memukau. Jika  berada di Pulau Selatan, dapat memilih hiking di Heaphy Track, Taman Nasional Kahurangi. Pemandangan indah sepanjang 82 kilometer berjalan kaki melalui hutan, padang rumput, pegunungan terjal, dan pantai dengan banyak pohon palem, seketika akan menjauhkan pikiran dari kesibukan atau hiruk-pikuk di kota besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here