5 Destinasi Favorit di Busan

Meski merupakan kota terbesar kedua di Korea Selatan, turis mancanegara lebih sering mengunjungi Seoul. Padahal Busan juga memiliki berbagai atraksi menarik, seperti pantainya yang cantik, gunungnya yang indah, dan Jagalchi Fish Market-nya yang memiliki berbagai seafood segar untuk dinikmati. Dengan waktu tempuh kurang dari tiga jam naik KTX dari Seoul, berikut alasan untuk memasukkan Busan ke dalam jadwal perjalanan.

Pantai Haeundae dan Gwangalli

Haeundae adalah pantai terpopuler di Busan. Ramai di musim panas oleh warga Korea, Busan Aquarium yang merupakan akuarium terbesar di Korea, terletak di pantai tersebut. Bila menginginkan pantai yang tidak terlalu ramai, terdapat Pantai Gwangalli yang memang lebih populer di kalangan turis mancanegara. Pantai ini merupakan tempat sempurna untuk menghabiskan malam dengan minum soju sembari melihat pemandangan Gwangan Bridge.

Jagalchi Market

Pasar ikan terbesar di Korea ini wajib dikunjungi, terutama bagi penggemar seafood. Dengan berbagai akuarium berisi kepiting, cumi-cumi, gurita, belut, dan berbagai jenis ikan yang jarang ditemui di Indonesia, pasar ini menawarkan pengalaman unik. Para wanita paruh baya yang membersihkan dan memotong ikan – disebut Jagalchi Ajuma – akan siap melayani siapa pun yang ingin mencicipi seafood terbaik di Korea.

Gukje Market dan Bupyeong Market

Gukje Market adalah pasar tradisional terbesar di Busan yang menjual berbagai produk lokal dan impor. Mulai dari peralatan memasak, peralatan makan, barang elektronik, dan barang kebutuhan sehari-hari, seperti lampu dengan desain unik dan aneka perabotan, tersedia di sini. Persis di seberang Gukje Market, terdapat Bupyeong Market yang menjual pakaian, tas, kaos kaki, hingga jajanan lokal. Di sinilah tempat untuk mencicipi aneka kuliner khas Busan, seperti hoe (seafood mentah), dwaeji gukbap (sup babi), milmyeon (mi dalam kuah kaldu dingin), dan ssiat hotteok (panekuk manis isi biji bunga matahari dan biji labu).

BIFF Square

Tak jauh dari pasar Jagalchi, Gukje, dan Bupyeong terdapat BIFF Square, sebuah kawasan yang didekasikan untuk industri film dunia. Mengambil namanya dari Busan International Film Festival, meski tidak lagi menjadi tuan rumah festival tersebut, BIFF Square tetap layak dikunjungi dengan berbagai bioskop, pertokoan, serta kios yang menjajakan pakaian, kosmetik, dan jajanan khas Busan. Di BIFF Square ini juga terdapat cetakan tangan para aktor, artis, dan sutradara ternama, seperti Wayne Wang (Tiongkok), Anna Karina (Denmark), dan Takeshi Kitano (Jepang).

Taejongdae Park

Merupakan salah satu kawasan pejalan kaki yang menyajikan pemandangan paling indah di Busan, pastikan kamera siap di tangan untuk mengambil foto cantik Taejongdae dengan latar mercusuar putih di kejauhan. Inilah pemandangan yang biasa tercetak di berbagai kartu pos Busan. Bila hari cerah, Pulau Tsushima di Jepang pun bisa terlihat. Selain terkenal sebagai tempat terbaik untuk mencicipi seafood segar, pengunjung juga dapat mengeksplor pulau-pulau mungil di sekitarnya dengan naik kapal.

Paket Welcome to Korea

Pengalaman menjelajah Busan akan semakin lengkap saat memilih menginap di Shilla Stay Haeundae, hotel bintang empat yang berada di lokasi strategis dekat dengan Busan Aquarium dan Pantai Haeundae yang tersohor. Rasakan dinamika kota yang menarik ini dengan paket Welcome to Korea yang ditawarkan Shilla Stay Haeundae, di mana paket tersebut sudah termasuk tiket Busan City Tour Bus (one-day pass), sarapan, dan hadiah Shilla Stay berupa teddy bear. Penawaran dikenai tarif mulai dari 114.000 won++ per malam. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, dapat memantau situs resmi Shilla Stay Haendae.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here