T4, Terminal Bandara yang Canggih dan Artistik

T4 adalah terminal terbaru di Bandara Internasional Changi, Singapura yang hadir dengan inovasi terkini, teknologi canggih, dan sistem pengoperasian baru. Dengan bertambahnya jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari Changi, membuat sistem produktivitas dan efisiensi operasional ditingkatkan, termasuk sistem otomatisasi dan proses kerja yang dirancang semakin efisien. Bangunan dua lantai ini menjadi basis bagi sembilan maskapai internasional, yaitu Korean Air, Spring Airlines, Vietnam Airlines, Cebu Pacific Airlines, Cathay Pacific, dan Air Asia (termasuk Indonesia AirAsia, Filipina AirAsia, Thai AirAsia) yang melayani lebih dari 800 penerbangan setiap minggunya.

Apa saja keunikan dan hal menarik dari terminal teranyar ini?

-Fast and Seamless Travel at Changi

Disingkat FAST@Changi, T4 menghadirkan sistem pelaporan mandiri, bagasi otomatis, juga imigrasi otomatis. Sistem mandiri dan otomatis ini diharapkan dapat mengurangi waktu yang diperlukan saat check-in dan mempercepat proses keberangkatan melalui 65 mesin check-in yang tersedia. Untuk proses pelaporan mandiri, penumpang diharapkan untuk menyiapkan kode pemesanan tiket dan paspor. Nantinya, pada mesin akan tertera langkah memasukkan kode pemesanan dan pindai paspor sebagai bukti validasi, dengan proses yang singkat, boarding pass dan lembaran kode bagasi pun dapat dicetak. Selepas check-in, penumpang dapat menuju mesin bagasi otomatis (drop baggage), sebelum memasukkan bagasi, pastikan untuk mengecek batas bagasi dengan menimbangnya terlebih dulu agar sesuai dengan ketentuan maskapai. Pengoperasian mesin bagasi otomatis cukup mudah, jika bingung terdapat petugas yang akan membantu.

Comuted Tomography

Untuk pemeriksaan keamanan, T4 sudah dilengkapi dengan pemindai Comuted Tomography yang menerapkan teknologi pemindaian tiga dimensi, di mana penumpang tidak perlu lagi mengeluarkan laptop dan barang-barang tertentu dari tas, hanya diletakkan di sebuah nampan untuk dipindai, tentunya sistem ini dapat menghemat waktu dan tenaga kerja.

-Pintu Imigrasi Otomatis

Selain sistem check-in dan drop baggage otomatis, bagian imigrasi juga menyertakan metode otomatis, di mana metode ini lebih efisien pada praktiknya dan dapat memangkas waktu. Secara mandiri, penumpang dapat memindai paspor, sidik jari, dan wajah di mesin yang tersedia, jika sudah terotorisasi, pintu imigrasi akan terbuka dan penumpang dapat melaluinya. Saat melakukan pemindaian wajah, pastikan untuk melepaskan kacamata dan topi, juga lepaskan sarung pembungkus paspor untuk memudahkan proses pemindaian paspor.

-Artistik

Tak hanya unggul dari segi teknologi, T4 juga menyertakan kesan artistik melalui instalasi-instalasi seni yang dipajang. Terdapat patung kinetik besar yang berada di area Central Galeria, patung yang dinamakan Petalclouds ini dapat dilihat dari berbagai sudut terminal. Yang unik, patung ini dapat bergerak mengikuti alunan musik klasik yang digarap komposer peraih penghargaan BAFTA, Olafur Arnalds. Ada pula patung perunggu, Hey Ah Chek! yang berada di Public Area Terminal 4 buatan pemenang Cultural Medalion, Chong Fah Cheong. Patung menarik ini menggambarkan nostalgia masa lalu, dengan objek ibu dan anak lelakinya yang sedang memanggil supir becak sepulang dari pasar.

Warisan Budaya

Tanpa menghilangkan kultur Peranakan yang melekat di Negeri Singa, dibuatlah Heritage Zone yang menampilkan pemandangan desain pertokoan lama khas Singapura untuk tampilan luar gerai-gerai makanan dan minuman di T4. Selain itu, terdapat pula The Peranakan Gallery yang dikreasikan Changi Airport Group dan Singapore National Heritage Board yang berperan sebagai wadah untuk mengenalkan kultur Peranakan bagi penumpang. Di sini terdapat rumah boneka yang menggambarkan arsitektur rumah pertokoan a la Peranakan, potret sejarah, serta dekorasi khas Peranakan.

-Suasana Asri

Terminal seluas 2.000 meter persegi ini juga menyajikan pemandangan 160 pohon ara yang berdiri di sepanjang area keberangkatan. Hal ini dipemanis dengan desain dan interior ruangan yang dibuat tidak berlebihan, sehingga membuat para penumpang lebih nyaman untuk bersantai dan istirahat selama menunggu waktu keberangkatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here