Tai Kwun, Tempat Wisata Baru di Hong Kong

Hong Kong baru saja membuka Tai Kwun Centre for Heritage and Arts, atraksi wisata terbarunya yang telah beroperasi mulai 25 Mei 2018. Menempati area seluas 13.600 meter persegi di pusat kawasan bisnis Hong Kong, Tai Kwun Centre for Heritage and Arts terdiri 27 bangunan, dengan 16 di antaranya merupakan bangunan bersejarah yang dibangun antara 1864 hingga 1925 dan dikelompokkan dalam tiga area, yakni bekas Kantor Pusat Kepolisian (Central Police Station), Kantor Pusat Kehakiman (Central Magistracy), dan Penjara Victoria (Victoria Prison).

Hong Kong Jockey Club yang bekerja sama dengan Pemerintah Hong Kong untuk meremajakan cagar budaya tersebut menghabiskan 10 tahun untuk mengembalikan belasan bangunan bersejarah tersebut ke era keemasannya dengan memperhatikan setiap detailnya. Tak hanya itu, hong Kong Jockey Club juga membangun dua gedung baru di kompleks yang sama, yakni JC Contemporary, sebuah galeri dengan ruang seni kontemporer, dan JC Cube, sebuah auditorium untuk seni pertunjukan.

“100 Faces of Tai Kwun” menjadi pameran pertama di Tai Kwun. Menampilkan kisah-kisah dari 100 orang yang terkait dengan Central Police Station, mulai dari mantan perwira, mantan narapidana, pemilik toko, hingga cendekiawan, pengunjung dapat mengetahui lebih dalam mengenai sejarah bangunan tersebut serta memahami alasan bangunan-bangunan tersebut didirikan dalam satu kompleks dan saling terhubung dengan jalan setapak atau terowongan.

Di masa lalu, para tersangka yang dituduh melakukan pidana di Kantor Polsisi Pusat dapat segera dibawa ke pengadilan di Pusat Magistrasi. Setelah putusan pengadilan keluar, mereka langsung dipindahkan ke Penjara Victoria untuk menjalani hukuman. Selama proses peradilan pidana ini, tahanan tidak perlu menginjakkan kaki keluar kompleks, sehingga membuat pekerjaan lebih aman dan efektif.

Pameran ini sendiri telah disiapkan sejak dua tahun lalu, ketika tim kurator Tai Kwun bertekad untuk menemukan cerita unik di kompleks itu. “Kami berbicara dengan lebih dari 100 kaifong (tetangga dalam bahasa Kanton) dan individu yang pernah bekerja di Tai Kwun dalam persiapan pameran,” kata Winnie Yeung selaku Head of Heritage, Tai Kwun. “Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Tai Kwun serta perannya dalam komunitas. Kami juga menjalin pertemanan dengan kaifong kami untuk terus mempromosikan warisan budaya masyarakat Central.”

Pameran ini berlangsung mulai 29 Mei hingga 2 September 2018 dengan jam operasional mulai pukul 11:00 hingga 18:00. Berlokasi di Duplex Studio, Police Headquarters Block (Block 01), pameran ini, beserta sejumlah pameran dan acara lainnya di Tai Kwun, gratis. Jadwal pameran lebih lengkap bisa dilihat di sini, sementara untuk mendapatkan Tai Kwun Pass dan menikmati Self-Guided Walk, dapat mengunjungi situs resmi Tai Kwun atau melalui aplikasi Tai Kwun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here