10 Destinasi MICE Terbaik di Dunia

MICE (Meetings, Inventions, Conferences, dan Exhibitions) merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju, di mana penyelenggaranya dapat memilih destinasi yang sesuai kebutuhan, entah untuk sebuah meeting yang mempertemukan orang-orang dari yang tergabung dalam satu perusahaan atau lintas industri, konferensi internasional yang terdiri dari 500 delegasi, hingga pameran dan pesta peluncuran produk.

Perusahaan-perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang banyak sering memilih untuk menyelenggarakan berbagai acara perusahaan di beberapa kota terkenal di dunia. Berikut adalah sepuluh tujuan populer saat ini untuk pariwisata MICE.

Singapura

Singapura adalah pusat transportasi, perdagangan, dan keuangan global, sehingga menjadikannya tempat yang sempurna untuk pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran. Singapura juga menawarkan sejumlah objek wisata dan kegiatan yang dapat dilakukan usai rapat yang melelahkan, dengan beberapa di antara lokasi tersebut bahkan dapat digunakan untuk tempat pengembangan tim, atau hanya sekadar bersantai menikmati kuliner setempat. Salah satu tempat pertemuan paling populer di Singapura adalah Park Royal yang memadukan fasilitas bisnis dan keindahan kota, sementara MAX Atria, venue eco-green pertama di Singapura, telah lebih dulu menjadi tujuan terkenal untuk pariwisata MICE.

Shanghai, China

Sebagai pusat keuangan utama Tiongkok, Shanghai telah lama memiliki bisnis MICE yang kini terus berkembang dengan bermunculannya berbagai tempat baru, termasuk hotel-hotel kecil dan pusat pameran terbesar. Tak hanya aman dan nyaman, Shanghai yang memiliki salah satu sistem transportasi umum termudah dan termurah di dunia ini juga terhubung dengan lebih dari 400 kota di dunia melalui jalur udara dan rute pelayaran laut. Beberapa destinasi terbaiknya untuk pariwisata MICE adalah kota air kuno Zhujiajiao dengan kanal-kanalnya yang fotogenik, Shanghai Urban Planning Exhibition Center di People’s Square, 50 Moganshan Road (M50) yang merupakan distrik seni kontemporer, pasar barang antik di Dongtai Road, dan Shanghai Ocean Aquarium yang berada di Lujiazui Finance and Trade Zone.

Seoul, Korea 

Dengan keragaman budayanya yang berbaur dengan kecanggihan teknologi, Seoul merupakan salah satu tujuan terbaik untuk pariwisata MICE yang menarik banyak pelancong dari berbagai negara, sehingga menjadikannya sebagai tujuan wisata utama di Asia. COEX dan SETEC, yang terletak di pusat kota, adalah pusat konvensi perwakilan Seoul. Ada belasan hotel bintang empat dan lima di sekitarnya, yang semuanya dapat dicapai dengan 10 menit berkendara. Hotel-hotelnya pun juga dapat berfungsi sebagai tempat konvensi untuk konferensi internasional dan rapat perusahaan dengan layanan dan fasilitas yang memadai.

Seoul sendiri merupakan salah satu tujuan wisata MICE yang paling menyenangkan karena memadukan tradisi dan modernitas. Memiliki istana yang berdiri megah di tengah deretan bangunan modern, Seoul tak hanya menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk mengenal sejarah dan budaya penduduk setempatnya, namun juga mengundang mereka untuk menuju berbagai tempat-tempat menarik lainnya, mulai dari distrik seni Insadong, tempat belanja busana di Myeongdong, hingga taman bermain Lotte World.

Sydney, Australia 

Sydney telah kembali diakui sebagai salah satu tujuan utama untuk pariwisata MICE menurut laporan terakhir International Congress and Convention Association Country and City Rankings (ICCA). Kota ini menawarkan salah satu tempat terbaik untuk acara dan pertemuan perusahaan di Australia, Le Montage, dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi semua kebutuhan perusahaan. Di saat yang sama, para peserta dapat menikmati pemandangan sekaligus pengalaman kuliner dan budaya.

Kota ini juga menawarkan infrastruktur kelas dunia dan transportasi umum yang mudah, sehingga memudahkan para tamu MICE untuk pergi ke dan dari berbagai acara. Fasilitas akomodasi mencakup lebih dari 33.000 kamar hotel atau motel dan apartemen berlayanan di seluruh kota dan pinggirannya. Destinasi tujuan wisata MICE di Sydney adalah Sydney Harbour, Sydney Skywalk, Manly Beach, dan Watson’s Bay.

Tokyo, Jepang

Tokyo adalah lokasi yang ideal untuk konferensi internasional dan tur insentif dengan infrastrukturnya yang sangat berkembang, deretan venue kelas dunia dengan fasilitas terbaik, berbagai opsi akomodasi, dan beragam tempat wisata. Tak hanya itu, tingkat keramahan, keamanan, kebersihan, dan profesionalismenya pun luar biasa tinggi.

Sejumlah gedung konferensi internasional utama, seperti Tokyo International Forum, dan pusat pameran skala besar, seperti Tokyo Big Sight, berada di kawasan kota yang berbatasan dengan air. Sementara setiap distrik utama di kota ini juga menawarkan pengalaman hiburan yang unik dengan sejumlah museum, gedung konser, galeri seni, gerai department store, dan masih banyak lagi. Tujuan wisata untuk pariwisata MICE di Tokyo adalah Nakamise, Sensoji, Tokyo Skytree, Tokyo Disneyland, dan The Imperial Palace East Gardens.

Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai dalam beberapa tahun terakhir telah memposisikan diri sebagai tujuan kosmopolitan yang juga menarik bagi pariwisata MICE. Dengan menjamurnya hotel dan resor kelas dunia, Anda bisa saja mengatur meeting di teras luar ruang, taman berlatar cantik, pantai privat, hingga yacht mewah. Pentingnya Dubai sebagai tujuan MICE juga membuat Emirates yang berbasis utama di Bandara Internasional Dubai untuk terus meningkatkan jumlah rute sekaligus kapasitas penerbangan ke berbagai destinasi di dunia. Destinasi terkenal untuk pariwisata MICE di Dubai adalah Burj Khalifa, Miracle Garden, Palm Jumeirah, Burj Al Arab Beach, Jumeirah Mosque, dan Dubai Aquarium.

Auckland, Selandia Baru

Auckland tak hanya merupakan kota terbesar di Selandia Baru, tetapi juga merupakan tujuan internasional kelas dunia untuk pariwisata MICE, yang terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan dan budaya kota yang semarak. Dapat dijangkau dengan mudah via jalur udara, air, maupun darat, Auckland memiliki sejumlah tempat pertemuan yang berada dekat bandara, yang terletak di sebelah selatan pusat kota. Kota ini juga memiliki lebih banyak pilihan konferensi dan konvensi dibanding kota-kota lain di Selandia Baru. Beberapa venue-nya antara lain Auckland Museum yang dapat menampung hingga 600 orang, Alexandra Park dengan sembilan ruangan yang dapat menampung hingga 1.000 tamu, dan Royal New Zealand Yacht Squadron yang memuat hingga 500 orang. Sementara sejumlah tempat wisata populer di Auckland adalah Skycity Skytower and Casino, Waitemata Harbour, Auckland Art Gallery, dan Waiheke Island.

Goa, India

Karena keindahan alam dan berbagai aktivitas petualangannya, yang kemudian dipadukan dengan sejumlah fasilitas untuk menggelar meeting dan konferensi di berbagai hotel dan resornya, Goa kini menjadi salah satu tujuan utama untuk pariwisata MICE. Seusai menggelar rapat, peserta MICE pun dapat menuju sejumlah atraksi terbaik Goa, seperti desa nelayan Arambol, pantai berpasir putih Colva, Baga dengan Baga Beach Market-nya tiap Sabtu malam menjual aneka suvenir dan kerajinan tangan, Calangute yang menawarkan berbagai aktivitas air, dan Agonda yang merupakan pantai tempat penyu bertelur.

Wina, Austria

Berada di jantung Eropa dan terhubung dengan 179 destinasi di seluruh dunia, Wina yang terkenal karena keindahan arsitekturnya ini memiliki tiga pusat konvensi, termasuk Austria Center Vienna, gedung konvensi terbesar di Austria yang dapat menampung hingga 15.000 orang, serta Hofburg, bekas istana abad 13 yang dapat memuat 5.000 orang. Usai rapat, tamu dapat mengunjungi sejumlah tempat menarik di Wina, seperti Schonbrunn Palace, Hofburg Imperial Palace, Belvedere Complex, dan Ringstrasse. Day trip ke Innsbruck dan Salzburg juga dapat dimasukkan ke dalam rencana perjalanan. Seperti Wina, Salzburg juga merupakan destinasi sempurna untuk pariwisata MICE. Aksesnya pun mudah, yaitu dengan naik kereta dari Wina maupun naik pesawat dari seluruh penjuru Eropa.

Berlin, Jerman

Merupakan salah satu pusat bisnis terkemuka di Eropa, Berlin memiliki sejumlah hotel dan lokasi lain yang cocok untuk acara MICE, seperti CityCube Berlin. Di sini, pengunjung tak hanya dapat mengunjungi lebih dari 175 museum dan Situs Warisan Budaya Dunia UNECO, namun juga mengeksplor 12 distriknya yang masing-masing menawarkan suasana unik. Selain itu, meski Berlin merupakan ibu kota Jerman, namun sepertiga kota ini merupakan taman, kanal-kanal yang indah, dan area hijau, sehingga mengundang orang untuk beraktivitas di luar ruang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here