Cara Mudah Keliling Tokyo dengan Tokyo Metro Pass

0
763

Pada 2017, kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang meningkat 30 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah ini terus bertambah dalam satu dekade terakhir, dan diprediksi bakal terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Karena itulah kemudian Tokyo Metro sebagai salah satu perusahaan kereta bawah tanah terkemuka di Jepang memperkenalkan fitur terbarunya, yakni TokyoGenicTravel atau  tempat-tempat fotogenik di sekitar stasiun yang bisa diakses dengan naik Tokyo Metro. Spot ini meliputi rumah makan, butik fashion yang trendi, hingga toko yang menjual oleh-oleh yang sedang populer, seperti berikut ini.

  • CA4LA, brand yang menyebarkan budaya topi khas Jepang ke di dunia. Cabangnya di Omotesando merupakan toko topi terbesar di dunia yang menjual beragam desain topi. (Akses: berjalan 1 menit dari Stasiun Meiji-jingumae (Harajuku) Chiyoda Line/Fukutoshin Line)
  • Princess one Spoon merupakan toserba bertema putri dari negeri dongeng. Selain menjual pakaian dan aksesori, eksteriornya yang bagai kastel membuat pengunjung sering menjadikannya sebagai latar foto. (Akses: berjalan 3 menit dari Stasiun Meiji-jingumae (Harajuku) Chiyoda Line/Fukutoshin Line)
  • Kawamanu adalah toko khusus tenugul (handuk tangan tipis khas Jepang). Walaupun berdesain tradisional Jepang, namun motif modernnya membuat handuk ini dapat digunakan untuk sehari-hari. (Akses: berjalan 4 menit dari Stasiun Otemachi Marunouchi Line/Tozai Line/Hanzomon Line)
  • Mazulu Halal Beef Noodle yang bersertifikat halal ini hanya menjual satu jenis makanan, yakni Lanzhou Ramen Sapi. (Akses:  berjalan 5 menit dari Stasiun Stasiun Ginza Marunouchi Line/Ginza Lina/Hibiya Line)
  • Tokyo Campanella yang berdesain modern dengan perabotan dan pernak-pernik berwarna biru toska ini menjual kue lidah kucing yang populer sebagai oleh-oleh dari Tokyo. (Akses: berjalan 1 menit dari Stasiun Jimbocho Hanzomon Line)
  • Kyukyodo menjual dupa, alat tulis, dan produk berbahan washi (kertas Jepang). Berdiri sejak 350 tahun yang lalu, toko ini merupakan tempat terbaik untuk membeli alat tulis atau aksesori unik sebagai hadiah. (Akses:  berjalan 1 menit dari Stasiun Ginza Marunouchi Line/Ginza Lina/Hibiya Line)
  • Shari The Tokyo Sushi Bar menawarkan masakan Jepang yang kreatif dengan menggunakan bahan musiman. Salah satu menu favoritnya adalah sushi roll warna-warni yang terdiri banyak pilihan topping, seperti avokad, seafood segar, dan lainnya. (Akses:  berjalan 5 menit dari Stasiun Ginza Marunouchi Line/Ginza Lina/Hibiya Line)

Tak Rumit

“Untuk meningkatkan kunjungan ke Tokyo, penting bagi kami untuk menyampaikan lebih banyak informasi. Kami tak hanya ingin mengulas mengenai keistimewaan dan kepraktisan Tokyo Metro saja, namun juga memperkenalkan TokyoGenicTravel sekaligus tiket naik kereta sepuasnya untuk mengaksesnya,” ujar Yuuta Muroyama yang menangani inbound di Demand Creation & Marketing Departement Tokyo Metro.

Haruka Nakagawa selaku Duta Persahabatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia mengomentari keuntungan menggunakan Tokyo Metro Pass untuk wisawatan. “Tokyo Metro Pass ini dapat Anda gunakan untuk naik kereta sepuasnya dengan pilihan durasi 24 jam, 48 jam, dan 72 jam. Tokyo Metro juga memiliki sembilan rute strategis di Tokyo, di mana penumpang dapat menuju tempat-tempat populer seperti Sensoji Temple (Asakusa), Shibuya, Kabukicho (Shinjuku), Tsukiji Market (Tsukiji), Kabuki-za (Higashi-ginza), dan Tokyo Tower (Kamiyacho).”

Tarif tiketnya adalah 800 yen untuk 24 jam, 1.200 yen untuk 48 jam, dan 1.500 yen untuk 72 jam dengan tarif tiket untuk anak-anak adalah setengahnya. Tiket ini dapat dibeli di Kantor Tokyo Metro Pass di Stasiun Ueno, Nihombashi, Ikebukuro Yurakucho Line, Ginza, Shimbashi, Shinjuku, Ebisu, Iidabashi, Takadanobaba, Akasaka-mitsuke, Meiji-jingumae (Harajuku), Shin-ochanomizu, Otemachi, dan Tokyo; Tokyo Metro Tourist Information Desks di Stasiun Ueno, Ginza, Shinjuku, Omete-sando, dan Tokyo; Bandara Haneda (Tokyo Tourist Information Center di Terminal Internasional); dan Bandara Narita (konter tiket Keisei Bus).

Hinanchu, leader dari girlband Silent Siren, yang juga turut hadir dalam acara konferensi pers Tokyo Metro dan TokyoGenicTravel pada 9 Maret 2018 lalu, mengungkapkan bahwa wisatawan tak perlu bingung dengan jalur kereta yang rumit. “Jangan cemas – dengan memakai aplikasi resmi Tokyo Metro yang bisa diunduh via Google Play Store dan Apple Store, wisawatan dapat dengan mudah mencari informasi penting, mulai dari waktu kedatangan dan keberangkatan, lama perjalanan, hingga stasiun pemberhentian untuk sampai ke tempat tujuan. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan tanpa jaringan Internet bila Anda sudah mengunduhnya di ponsel.”

Selama mengendarai kereta, penumpang juga tak perlu khawatir sinyal terputus karena seluruh stasiun Tokyo Metro menyediakan akses Wi-Fi gratis. Caranya cukup mendaftar di browser Tokyo Metro dan menggunakan aplikasi Japan Connected-free Wi-Fi yang bisa diunduh via Google Play Store dan Apple Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here