Targetkan Kunjungan Satu Miliar Tamu, Airbnb Luncurkan Roadmap

Satu dekade lalu, para pendiri Airbnb Brian Chesky dan Joe Gebbia memasang tiga airbed di apartemen mereka di San Francisco dan memulai apa yang telah menjadi fenomena global dalam industri wisata. Kini Airbnb menjadi salah satu platform akomodasi terbesar di dunia dengan 4,5 juta tempat tinggal di 81.000 kota. Selama 10 tahun terakhir pula, tuan rumah Airbnb telah memperoleh lebih dari 41 miliar dolar AS dan para tamu telah menggunakan Airbnb lebih dari 300 juta kali.

Melanjutkan kesuksesan tersebut, Airbnb meluncurkan fitur Roadmap yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi tiap wisatawan. Roadmap Airbnb tersebut meliputi:

  • Empat jenis properti baru – Vacation Home, Unique, B&B, dan Boutiques (sebagai tambahan dari jenis properti yang sudah ada, yaitu Entire Home, Private Room, dan Shared Space)
  • Tingkatan kualitas yang baru – Airbnb Plus dan Beyond by Airbnb
  • Airbnb Collections atau rumah sewaan yang cocok untuk tiap kegiatan
  • Investasi kembali ke komunitas melalui program Superhost dan program keanggotan untuk para tamu Airbnb yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

“Sepuluh tahun yang lalu, kami tidak pernah memimpikan Airbnb akan menjadi seperti ini. Bahkan, banyak orang berpikir bahwa gagasan di mana orang-orang asing akan menempati rumah orang asing lainnya itu adalah hal yang gila. Namun saat ini, jutaan orang setiap harinya melakukan hal itu,” kata Brian Chesky selaku Co-Founder, CEO, dan Head of Community Airbnb.

“Kami ingin melangkah lebih jauh dengan mendukung dan memperluas komunitas kami, sehingga dalam waktu 10 tahun akan ada lebih dari satu miliar orang per tahun yang dapat merasakan manfaat berwisata menakjubkan di Airbnb,” tambah Brian.

Jenis Properti Baru

Komunitas Tuan Rumah Airbnb besar dan beragam dengan lebih dari 4,5 juta tempat tinggal di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, jenis properti di platform Airbnb semakin beragam, dari rumah pohon hingga hotel butik, namun masih dalam kategori properti Shared Space, Private Room, maupun Entire Home, sehingga hal ini mempersulit para tuan rumah untuk dapat menonjolkan propertinya dan para tamu tidak dapat selalu menemukan yang mereka cari.

Untuk mengatasi hal ini, Airbnb akan menambahkan empat tipe properti baru ke platform-nya, yakni Vacation Home, Unique Space, B&B, dan Boutique. Dengan demikian, tamu dapat memiliki pilihan akomodasi yang lebih banyak, selain mendapatkan transparansi yang lebih baik mengenai jenis akomodasi yang tersedia. sementara tuan rumah pun dapat lebih menunjukkan keunikan tentang akomodasinya yang disesuaikan dengan preferensi para tamu.

Airbnb Collections

Airbnb pada awalnya dirancang untuk mengutamakan para solo traveler, namun selama bertahun-tahun, jutaan orang telah menganggap platform Airbnb sesuai dengan berbagai jenis wisata, baik untuk keluarga yang menginginkan ruang lebih dan sebuah tempat untuk memasak, sampai para petualang yang mencari tempat tinggal yang tidak biasa.

Untuk memenuhi kebutuhan beragam wisatawan seperti itu, Airbnb meluncurkan Airbnb Collections – rumah sewaan yang dapat digunakan untuk setiap kegiatan. Saat ini, yang sudah tersedia adalah Airbnb for Family dan Airbnb for Work, sementara Airbnb Collections untuk Social Stays, Weddings, Honeymoons, Group Getaways, dan Dinner Parties bakal hadir akhir tahun ini.

Tingkatan Baru – Airbnb Plus dan Beyond by Airbnb

Untuk memperluas daya tarik Airbnb dan untuk memperkenalkan tuan rumah yang telah mengambil langkah lebih jauh agar dapat memberikan keramahan yang luar biasa, Airbnb juga meluncurkan tingkatan rumah baru yang telah diverifikasi secara pribadi untuk kualitas dan kenyamanannya. Dimulai dengan 2.000 rumah di 13 kota yang tersedia untuk dapat dipesan saat ini, Airbnb Plus ditujukan untuk para tamu yang mencari rumah yang indah berikut tuan rumah yang luar biasa yang dapat menjamu tamunya dengan baik.

Saat peluncuran percobaan, Airbnb menemukan bahwa rumah yang sudah diverikasi menerima lima kali permintaan dan pemesanan lebih banyak ketimbang rumah lainnya yang ada di marketplace, sementara 73 persen tamu mengaku bahwa mereka lebih rela membayar lebih untuk rumah yang telah diverifikasi. Tuan rumah Airbnb Plus sendiri juga akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu top placement, layanan menarik seperti konsultasi untuk desain rumah dan ahli fotografi, serta dukungan premium dari Airbnb.

Airbnb juga meluncurkan Beyond by Airbnb untuk menghadirkan perjalanan impian yang bisa dirancang sendiri, mulai dari memilih rumah impian, mencari pengalaman liburan unik, hingga menikmati keramahtamahan kelas dunia.

 

Investasi dalam Komunitas Airbnb

Melalui program Superhost (HosTeladan) yang sekarang mencakup 400.000 tuan rumah di seluruh dunia, Airbnb telah memberikan penghargaan untuk tuan-tuan rumah yang paling disukai. Kini, tak hanya mendapat pengakuan, para tuan rumah tersebut juga dapat menikmati berbagai keuntungan lain seperti yang bisa dilihat di airbnb.com/superhost.

Per akhir tahun ini, Airbnb juga akan memberi pengakuan untuk para tamu terbaiknya dengan program keanggotan tamu terbaru yang menawarkan keuntungan di seluruh perjalanan. Untuk permulaan, Superguest akan diberikan kepada 10.000 tamu sebagai percobaan di pertengahan tahun ini, sebelum diluncurkan ke komunitas tamu Airbnb yang lebih luas pada akhir tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here