Ketahui Hak Anda Saat Menginap di Hotel

Ketika seseorang mengajukan pertanyaan tentang hak perjalanan, biasanya yang mereka tanyakan adalah hak mereka sebagai penumpang pesawat, bukan sebagai tamu hotel. Hal ini terjadi karena penumpang udara lebih memiliki banyak hak yang sebagian besar di antaranya dijamin oleh peraturan pemerintah dan kontrak penerbangan.

Padahal, Anda bakal menghabiskan lebih banyak waktu di hotel, resor, atau tempat penginapan sewaan lainnya ketimbang di pesawat. Jadi, sebagai tamu hotel, hak apa sajakah yang Anda dapatkan?

Kamar

Bila Anda sudah mereservasi kamar terlebih dahulu, saat Anda tiba, hotel wajib menyediakan kamar tersebut. Bila kebetulan jenis kamar yang Anda pilih tidak ada, hotel bakal tetap memberikan kamar tersebut meski jenis kamarnya lebih mahal dari yang Anda pesan. Namun, ada kalanya semua kamar di hari Anda check-in penuh dan hotel tidak bisa begitu saja menyediakan kamar untuk Anda.

Anda bisa saja memperdebatkan masalah ini dan menuntut hotel untuk memberikan kamar. Namun, tentu saja hal ini tidak menyelesaikan masalah. Daripada membuang waktu, lebih baik Anda meminta hotel untuk membayar akomodasi Anda di tempat lain, selain memastikan pihak hotel membayar biaya transportasi untuk transfer ke hotel lain.

Tidak Sesuai Iklan

Ada beberapa kasus ketika foto-foto atau detail fasilitas yang ditampilkan di situs resmi hotel tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Bila hal ini terjadi, ini solusinya:

  • Bila masalahnya kecil dan Anda masih berniat untuk tinggal di properti tersebut, mintalah staf hotel untuk memperbaiki masalah tersebut atau memindahkan Anda ke kamar lain. Kalau tidak memungkinkan, pihak hotel juga bisa menyesuaikan tarif kamar Anda atau memberikan beberapa barang atau layanan gratis. Tapi ketahuilah bahwa bila Anda berniat untuk tetap tinggal, pihak hotel atau pemiliknya bisa saja mengatakan bahwa masalahnya tidak mungkin seburuk itu karena Anda tinggal, selain sulit untuk melakukan tindakan lebih lanjut.
  • Bila masalahnya cukup parah dan bakal membuat masa menginap Anda tidak nyaman, mintalah pihak hotel untuk mengatasi masalahnya dalam waktu 24 jam atau untuk mencari akomodasi alternatif. Jangan biarkan situasi ini berlangsung terus berhari-hari.
  • Bila pihak hotel tidak dapat atau tidak segera memperbaiki masalah, tinggalkan tempat tersebut, jangan menginap lebih dari satu malam. Mintalah pihak hotel untuk memproses pengembalian dana, dan carilah hotel lain.

Keselamatan dan Keamanan

Kebanyakan hotel beroperasi berdasarkan standar yang sama, yang berarti wajib secara hukum untuk menyediakan lingkungan yang aman, pencahayaan yang sesuai, keamanan, dan lainnya.

Namun, undang-undang yang ada mengenai tanggung jawab sebuah hotel terhadap barang-barang pribadi Anda bisa sedikit membingungkan, karena banyak yang menyebutkan bila hotel menyediakan tempat penyimpanan aman, mereka tidak bertanggung jawab atas pencurian yang terjadi di kamar Anda.

Tamu Disabilitas

Banyak hotel di negara-negara maju dan berkembang yang mematuhi berbagai peraturan mengenai ketentuan untuk pelancong penyandang cacat. Namun, penyewaan rumah liburan dan akomodasi non-tradisional lainnya tidak diharuskan untuk mematuhi standar serupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here