Aktivitas Seru di Melbourne

Dengan Melbourne sebagai pintu gerbang untuk menikmati segala pesona negara bagian Victoria, berikut berbagai hal seru yang menyumbangkan ketenaran bagi kawasan di tenggara Australia ini.

  • Naik Helikopter di 12 Apostles

Terbang dengan helikopter adalah cara terbaik untuk menikmati pemandangan Twelve Apostles, formasi bebatuan berupa pilar setinggi 50 meter di Great Ocean Road. Harga sekali terbang mulai 145 dolar Australia per orang selama 15 menit dan menempuh jarak 45 kilometer. Selama penerbangan, lewat alat komunikasi khusus, pilot akan menerangkan tentang berbagai hal yang dilewati, seperti Twelve Apostles; Loch Ard Gorge, pantai tersembunyi di balik dua pilar batu karang; The Sentinel; The Arch; serta London Bridge, batu karang bolong yang menyerupai jembatan. Meski bernama Twelve Apostles, namun formasi pilar batu ini jumlahnya hanya tersisa tujuh buah, dengan pilar terakhir runtuh pada 2005. (12apostleshelicopters.com.au)

  • Tur Berjalan Kaki

Melbourne memiliki sejumlah tur berjalan kaki menarik, seperti yang ditawarkan Hidden Secret Tours (hiddensecretstours. com) untuk menjelajahi berbagai tempat bersejarah dan tersembunyi di Melbourne. Dimulai di Federation Square, peserta kemudian diajak menyusuri gang-gang yang penuh mural, dengan kafe dan restoran berkonsep unik sebagai cerminan karakteristik warga Melbourne. Ada juga ruang bawah tanah, dan toko-toko dengan barang yang bervariasi, mulai dari busana vintage hingga barang-barang magis untuk sulap dan meramal. Dan tentu saja, tur ini juga mampir ke The Block Arcade, salah satu pusat perbelanjaan tertua di Melbourne, dan Bourke Street dengan pertunjukan musisi jalanannya yang meriah.

  • Sovereign Hill

Museum ruang terbuka terbesar di Victoria ini merupakan bekas pertambangan emas pada 1851 dan cikal bakal berdirinya kota Ballarat. Ketika akhirnya tambang emas ditutup, pada 1970 pemerintah mengubahnya menjadi museum. Di atas lahan seluas 25 hektar ini berdiri 60 bangunan dari tahun 1850-an, yang di zamannya berfungsi sebagai restoran, studio foto, penjual kuda, sekolah, dan penjual perhiasan. Untuk menghidupkan suasana masa lalu, para staf museum juga mengenakan kostum kuno. Pengunjung akan dikawal pemandu ke ruang bawah tanah bekas tambang emas naik kereta. Di sini tersimpan nugget emas terbesar kedua di dunia seberat 69 kilogram. Pengunjung juga dapat mencari biji emas di sungai yang membelah Sovereign Hill, dan bila dapat, emas tersebut dapat dibawa pulang sebagai suvenir. (sovereignhill.com.au)

  • St. Kilda Beach

Disebut-sebut sebagai pantai paling terkenal di negara bagian Victoria, lokasinya hanya 20 menit dengan naik trem dari pusat kota. Selain kerap dipadati untuk menikmati kehangatan sinar matahari, pengunjung juga ke sini untuk bermain selancar angin, berlayar, bersepatu roda, voli pantai, jet ski, dan ski air. Tersedia juga jalur pejalan kaki dan jalur sepeda, selain terdapat Sunday Art Market yang menjual berbagai suvenir dan kerajinan khas Australia. Anak-anak pun dapat puas bermain di Luna Park yang dilengkapi berbagai fasilitas permainan dan atraksi seru.

  • Ballarat Wildlife Park

Berlokasi di Ballarat atau sekitar satu setengah jam berkendara dari Melbourne, Ballarat Wildlife Park merupakan taman margasatwa bagi hewan-hewan endemik Australia yang terancam punah. Menempati lahan seluas 32 hektar dan dirancang sesuai habitat asli hewan-hewan tersebut, terdapat setidaknya 100 ekor kanguru jinak yang berkeliaran tanpa kandang. Walau begitu, untuk dapat berinteraksi dengan kangguru tetap harus didampingi pemandu. Selain kandang khusus untuk koala, burung emu, wombat, dingo, dan setan Tasmania, di sini juga terdapat buaya air asin sepanjang lima meter dengan bobot 500 kilogram. (wildlifepark.com.au)

  • South Melbourne Market

Lebih mirip supermarket ketimbang pasar tradisional, suasana pasar tertua yang beroperasi sejak 1867 ini bersih dan nyaman. Berbagai barang kebutuhan tersedia di sini, seperti pakaian, aneka bumbu masak, hasil tangkapan laut, hasil peternakan, aneka olahan daging, suvenir, mainan anak, hingga berbagai kebutuhan hewan peliharaan, susu, butter, keju, wine, vinegar, bahkan sabun. Pecinta kuliner juga akan dimanjakan dengan aneka jajanan yang melimpah di sini, seperti aneka pastry dan kerang segar, yang juga dapat dinikmati di tempat. Pasar ini buka setiap hari pukul 08:00 hingga 16:00 waktu setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here