Tujuh Alasan Harus ke Filipina

0
578

Filipina biasanya menjadi negara terakhir yang dilirik karena dinilai sama dengan Indonesia, selain tentu saja, kendala makanan. Berikut adalah alasan mengapa harus mengunjungi negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau yang tersebar di 81 provinsi tersebut:
1. Festival Meriah. Bila menyukai kostum warna-warni, cerita rakyat yang unik, dan berbaur dengan masyarakat setempat untuk ikut menari di jalanan, datanglah menjelang festival unik Panagbenga di Baguio City, atau Ati-Atihan dan Sinulog.

2. Situs Selam Terbaik. Selain menikmati keindahan Tubbataha Reefs National Park yang merupakan bucket list para penyelam, Filipina juga memiliki koral hitam di situs Black Forest dekat Pulau Panglao. Itu semua masih ditambah berenang bersama hiu paus di Donsol Bay.

3. Bir Termurah. Pertama kali diproduksi pada 1890, San Miguel menjadi salah satu bir dengan penjualan terbesar di dunia. Seharga sekitar 50 peso per botol, Filipina patut dijadwalkan bagi para pecinta bir.

4. Makanan Aneh. Filipina memiliki banyak makanan ekstrem dengan balut (embrio dari bebek yang sedang berkembang) sebagai yang paling terkenal. Etag (daging babi yang didiamkan selama beberapa minggu hingga menjadi tempat hidup belatung) pun seringkali mengusik jiwa petualangan para pejalan.

5. Gemar Karaoke. Warga Filipina terkenal gemar menyanyi, sehingga tak heran banyak fasilitas karaoke disediakan, mulai dari di bar dan restoran hingga bilik-bilik karaoke di pinggir jalan.

6. Gereja Tercantik. Dengan 90 persen dari populasinya yang penganut Katolik, Filipina memiliki banyak gereja yang tak bakal habis dieksplor dalam satu kunjungan, seperti Saints Peter and Paul Parish Church di Calasiao; Paoay Church di Ilocos Norte; dan Minor Basilica of Saint Michael Archangel di Tabayas.

7. Tempat asal Manny Pacquiao. Selain basket, tinju juga sangat populer di Filipina, sehingga wajah juara dunia tinju Manny Pacquiao terpampang di mana-mana di seluruh penjuru negeri.

 

Pertama Kali ke Filipina?
Menentukan rute untuk berkunjung ke Filipina tidaklah mudah. Bagi yang baru pertama berkunjung, banyak yang menyarankan ke sejumlah tempat ternama berikut:

1. Pampanga


Merupakan pusat kuliner Filipina, pecinta makanan dapat puas mencicipi beragam hidangan maupun jajajan khas, terutama Sisig yang berasal dari sini. Kaya akan sejarah dan budaya, Pampanga memiliki gereja-gereja yang menyimpan artefak religius, selain sejumlah theme park penuh petualangan.

 

2. Cordilerras 


Kawasan pegunungan Filipina pun tak kalah memukau, seperti yang ada di Cordilleras dengan puncak-puncak gunung yang menantang untuk didaki, air terjun tersembunyi untuk ditemukan, gua-gua di Sagada yang misterius untuk dijelajahi, dan tentu saja, teras-teras sawah di Banaue yang mengingatkan akan Ubud.

 

3. Ilocos 


Berada di kota ini, siapa pun akan bagai terlempar ke ratusan tahun lalu, ketika Filipina masih menjadi koloni Spanyol. Jalan-jalan berbatu yang terpelihara baik dan berbagai bangunan bersejarah di sini pun menebarkan suasana yang lebih mirip di Eropa ketimbang di Asia. Tak hanya itu, pantai-pantainya pun tak kalah memukau.

 

4. Iloilo


Dijuluki Kota Cinta karena merupakan kota paling layak huni di Filipina, warga yang ramah membuat penjelajahan di kota ini semakin menyenangkan. Di sini terdapat sejumlah bangunan bersejarah, termasuk Gereja Miagao yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan Calle Real yang merupakan kompleks bangunan kolonial.

 

5. Boracay


Merupakan kawasan pantai paling terkenal di Filipina, ke sinilah biasanya para turis mancanegara bertolak. Menawarkan beragam olahraga air di siang hari dan bar-bar gempita di malam hari, berada di sini tidak seperti berada di Filipina karena suasananya yang multikultur. Disarankan untuk berkunjung ke sini di musim sepi turis, yaitu antara Maret hingga Mei.

 

6. Palawan


Banyak yang menyarankan, bila sulit menentukan kawasan pantai yang ingin dikunjungi di Filipina, pilihlah Palawan karena pantai-pantainya unik dihiasi tebing dan karst yang menyembul di permukan air, sehingga mengingatkan akan Raja Ampat. Pantai-pantai Palawan lebih pun sepi pengunjung – setidaknya tak pernah seramai Boracay – sehingga menyediakan tempat berlibur yang berkesan bagi mereka yang kurang menyukai keramaian.

 

7. Cebu


Cebu memiliki semuanya, mulai dari atraksi island hopping, bangunan bersejarah, situs budaya, hingga kawasan Metro Cebu yang gemerlap. Kota yang nyaris tak pernah tidur ini berpadu dengan pantai-pantai sepi, air terjun indah, hingga suaka burung di Sta. Rosa. Kontras antara modernitas dan tradisi turun-temurun, ditambah keragaman budaya yang tumpah-ruah, festival unik pun kerap digelar di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here