Pertama Kali ke Eropa? Ikuti Panduan Berikut!

Bagi pejalan Indonesia, Eropa adalah destinasi incaran setelah percaya diri menaklukkan negara-negara Asia, terutama yang membutuhkan pengurusan visa. Bila baru akan pertama kali ke Eropa, perhatikan hal-hal berikut ketika dalam tahap perencanaan.

Rencanakan dengan Matang
Rencanakan liburan ke Eropa dengan matang. Cari infomasi sebanyak mungkin tentang negara-negara yang akan dikunjungi, kemudian buat daftar tempat-tempat wisata yang ingin disinggahi dan pelajari rutenya agar penjelajahan nantinya efisien.

Pemesanan Hotel dan Tiket
Setelah rute (bisa gambaran dulu ingin ke kota-kota apa saja) selesai dibuat, mulailah melakukan pemesanan hotel dan membeli tiket, baik pesawat maupun kereta antarkota (membeli kereta antarkota lebih awal harganya lebih murah, namun biasanya pembelian kereta secara online baru dibuka tiga bulan sebelum waktu keberangkatan). Tiket pesawat setidaknya sudah harus dibeli enam bulan atau lebih baik lagi, satu tahun sebelum keberangkatan, sehingga masih ada waktu untuk menabung dan mengurus visa. Setelahnya, buat rencana pengeluaran selama di sana agar tahu harus menyiapkan dana berapa.

Lengkapi Dokumen Keberangkatan
Anda butuh visa Schengen yang berlaku di 25 negara, kecuali negara-negara dalam Inggris Raya. Urus visa Schengen setidaknya tiga bulan sebelum keberangkatan agar jika seandainya ditolak karena dokumen kurang lengkap, masih dapat mendaftar ulang. Agar tidak ditolak, baca baik-baik persyaratan yang diminta dan selalu lampirkan bukti pemesanan hotel dan tiket penerbangan pulang-pergi.

Sesuaikan Musim
Eropa memiliki empat musim, sehingga saat menentukan hari keberangkatan sebaiknya mencari tahu lebih dahulu musim yang sedang berlangsung. Tentunya Anda tidak ingin salah membawa baju, terlebih liburan saat musim dingin memerlukan persiapan yang lebih dibanding musim lainnya. Anda harus membawa jaket serta baju hangat.

Bahasa Selain Inggris
Meski tiap negara memiliki bahasa nasional masing-masing, namun mayoritas masyarakat Eropa mengerti bahasa Inggris. Jika tujuan Anda ke Prancis, Jerman, Spanyol, atau Belanda, ada baiknya mempelajari beberapa kata atau frasa bahasa negara tersebut untuk memulai percakapan dengan masyarakat setempat, entah sekadar menanyakan arah atau menawar ketika belanja.

Cerdik Berhemat
Jika dapat menyiasatinya, liburan ke Eropa tidak mahal, misalnya dapat menyiasatinya dengan mencari tiket promo serta mencari penginapan bergaya asrama yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota atau atraksi wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here