Berkunjung ke Rumah Nellie Melba

Coombe Estate bukan sekadar perkebunan anggur dan tempat mencicipi sederetan anggur produksi Yarra Valley kebanggaan negara bagian, karena pemilik rumah ini adalah sumber inspirasi dari hidangan pencuci mulut terkenal, peach melba. Adalah Helen “Nellie” Porter Mitchell atau Dame Nellie Melba, seorang penyanyi opera terkenal asal Australia, walau debutnya lebih banyak di Eropa, terutama di Covent Garden di London. Juru masak terkenal asal Perancis, Auguste Escoffier, membuat peach melba (persik adalah buah kesukaan Melba) untuk merayakan kesuksesan salah satu pertunjukannya di London.

Keliling Rumah

Kini, bila berniat berkunjung ke Coombe Estate, alokasikanlah setengah hari. Datanglah satu atau dua jam sebelum jam makan siang untuk melihatlihat kompleks rumah sang diva yang superluas dengan ditemani pemandu, baru duduk di restorannya yang didominasi elemen kaca dan kayu. Bekas rumah Dame Nellie Melba memang hanya kecil dan sederhana dengan bentuk yang masih dipertahankan hingga kini, namun yang menjadikannya tak terlupakan adalah kompleks ini terdiri dari pekarangan yang luas dan taman bergaya Inggris dengan kolam renang yang konon Charlie Chaplin pun pernah berenang di sana.

Setelah berkeliling dan melihat-lihat memorabilia yang terpajang di sana-sini, makan siang di bekas garasi dan menara jam yang telah direstorasi adalah hal yang pantang dilewatkan di sini. Reservasi sangatlah dianjurkan karena restoran ini hanya buka untuk brunch, makan siang, dan afternoon tea (mulai pukul 14:30 setiap Rabu dan Sabtu ketiga setiap bulan hingga pukul 17:00), selain di akhir pekan kerap digunakan sebagai lokasi resepsi pernikahan.

Banyak Pilihan

Restoran modern, yang walau luas namun tetap terkesan intim ini menghadap ke taman. Menu-menu yang ditawarkan adalah hidangan internasional menggunakan bahan-bahan lokal terbaik yang berganti-ganti sesuai musim. Selain tersedia porsi individual, karena banyak pengunjung restoran datang bersama keluarga, menunya pun hadir dalam porsi untuk berbagi. Setiap menu dilengkapi dengan rekomendasi anggur yang cocok untuk dinikmati bersama masing-masing hidangan. Banyak pengunjung yang memilih menu dari kategori Coombe Farm Selection yang bahan-bahan utamanya berasal dari kebun Melba Estate, seperti dumpling kol dengan terung panggang yang disajikan dengan tahini lemon, atau prosciutto dengan mozzarella, tomat, dan basil dengan minyak zaitun extra virgin. Bila bingung memilih, tersedia set menu yang terdiri dua atau tiga course dan menampilkan pilihan menu-menu terbaik dari restoran ini. Menu apa pun yang dipilih, jangan lupa menutup acara bersantap dengan hidangan penutup terkenal peach Melba atau potongan buah persik yang direbus dalam gula, perasan lemon, dan vanilla, kemudian disajikan dengan saus raspberry dan es krim vanilla.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here