Yang Gratis di London

London memiliki sejumlah atraksi menarik untuk liburan keluarga, termasuk museum, taman, dan sejumlah lokasi lainnya yang dapat dikunjungi secara cuma-cuma, seperti berikut ini.

Bank of England Museum

Sebelum menjadi museum, gedung ini merupakan kantor pusat Bank of England. Masuk ke museum yang berlokasi di Bartholomew Lane ini mengingatkan pada Museum Bank Indonesia di kawasan Kota Tua Jakarta. Selain menampilkan sejarah bank, aktivitas perbankan Inggris di masa lalu dengan layar-layar interaktif, dan desain koin dan uang kertas Inggris dari masa ke masa, museum yang buka Senin hingga Jumat pukul 10:00 hingga 17:00 ini juga memiliki bunker yang pernah digunakan untuk menyimpan cadangan emas batangan.

Sir John Soane’s Museum

Bekas kediaman arsitek neoklasik Sir John Soane ini menyimpan berbagai gambar dan model bangunan untuk proyeknya, patung, perabotan, serta barang-barang antik yang ia kumpulkan, termasuk lukisan karya William Hogarth dan sarkofagus Raja Seti I. Selain buka setiap Selasa hingga Sabtu pukul 10:00 hingga 17:00, setiap Selasa pertama dalam satu bulan museum ini juga buka pukul 18:00 hingga 21:00 untuk candlelight tour, di mana pengunjung dapat melihat suasana museum di malam hari ketika lilin-lilin dinyalakan. Selain Drawing Room yang digunakan istri Soane untuk berdansa dan bermain kartu, ruangan favorit lainnya adalah Library-Dining Room yang didominasi warna merah serta dikelilingi cermin dan sejumlah tembikar dari Yunani.

Natural History Museum

Menempati bangunan bergaya Romawi, museum ini memamerkan 70 juta spesies dari lima koleksi utama, yakni botani, entomologi, mineralogi, paleontologi, dan zoologi. Selain melihat koleksi kerangka dinosaurusnya, area favorit pengunjung adalah Large Mammals Hall yang memajang model paus biru, gajah, dan mamalia besar lainnya, serta Darwin Centre dengan koleksinya yang paling terkenal adalah Archie, cumi-cumi raksasa sepanjang 8,62 meter yang diawetkan dan disimpan di sebuah tangki.

National Maritime Museum

Sering disingkat sebagai NMM, museum yang buka tiap pukul 10:00  hingga 17:00 ini merupakan museum maritim terbesar di dunia. Berlokasi di Park Row, Greenwich, museum yang beroperasi sejak 1937 ini memiliki koleksi yang berhubungan dengan sejarah angkutan bahari Inggris, termasuk replika kapal-kapal besar yang pernah berlayar mengelilingi dunia, serta lukisan dan mozaik tentang pelayaran yang pernah dilakukan warga Inggris.

Holland Park

Di taman ini pernah berdiri sebuah rumah megah bernama Cope Castle milik diplomat Sir Walter Cope, namun hancur akibat serangan udara Jerman. Kini sisa-sisa bangunan tersebut masih berdiri di tengah taman seluas 22 hektar ini. Pada 1991, atas donasi dari Kyoto Chamber of Commerce and Industry, dibangunlah taman bergaya Jepang yang kemudian dinamakan Kyoto Park. Selain berjalan-jalan menikmati pemandangan, Holland Park juga merupakan pusat aktivitas warga karena di sini tersedia area permainan anak, lapangan tenis, lapangan sepakbola, lapangan kriket, serta kafetaria.

Kensington Gardens

Kensington Gardens sering menjadi lokasi syuting film, antara lain Finding Neverland (2004), Bridget Jones: The Edge of Reason (2004), dan Wimbledone (2004). Taman ini terletak di timur Kensington Palace dan berbatasan langsung dengan Hyde Park. Seluas 111 hektar, Kensington Gardens memiliki banyak gerbang yang tersebar di sekeliling taman dan dapat dipilih sesuai atraksi yang ingin dikunjungi di sini, seperti Italian Gardens, patung Peter Pan, Albert Memorial, atau Serpentine Galleries.

St. James’s Park

Berlokasi di Westminster dan berbatasan dengan Buckingham Palace, taman ini memiliki sebuah danau kecil dengan dua pulau bernama West Island dan Duck Island (dinamai demikan karena di danau tersebut terdapat banyak bebek dan angsa). Di sini juga terdapat koloni burung pelikan yang dihadiahkan duta besar Rusia pada 1664. Cara terbaik mengeksplor St. James’s Park adalah dengan berjalan kaki melintasi jembatan di atas danau, di mana dari sini terlihat beberapa landmark terkenal.

Greenwich Park

Di taman seluas 74 hektar ini terdapat padang rumput luas dan taman mawarnya yang terkenal. Tak hanya mawar warna-warni, tapi bekas rumah penjaga taman berupa vila di sini pun menyediakan latar yang indah untuk berfoto. Taman mawar yang dibuat pada 1960 dan berbentuk setengah lingkaran ini saat terbaik untuk mengunjunginya adalah Juni dan Juli ketika semua mawar bermekaran.

Regent’s Park

Taman ini adalah bagian dari Regent’s University London dan London Zoo. Memiliki taman mawar yang cantik serta danau yang dipenuhi dengan bebek dan angsa, di sini juga terdapat Regent’s Park Open Air Theatre yang kerap menggelar pertunjukan menarik setiap musim panas.

Parliament Hill

Disebut juga dengan Kite Hill karena menjadi lokasi yang populer untuk menerbangkan layang-layang, Parliament Hill merupakan area terbuka terfavorit untuk menikmati  pemandangan kota yang menakjubkan. Tinggi bukitnya hanya 98 meter, namun dari sini dapat terlihat gedung Gherkin yang bentuknya seperti mentimun, The Shard yang merupakan bangunan tertinggi di Eropa, dan katedral St Paul’s.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here