Dari Basque ke Bali

Belum lama ini Bali menambahkan portfolio restoran terbarunya yang menawarkan menumenu khas Spanyol yang secara spesifik menitikberatkan ke wilayah Basque. Berada di utara Spanyol, Basque sangat berbeda dengan Spanyol, dari segi bahasa maupun kultur, dan salah satu hidangan paling terkenal dari Basque adalah pintxos.

Pintxos adalah istilah untuk jenis tapas yang tidak gratis (di Spanyol tapas dapat dinikmati gratis hanya dengan membeli minuman) dan di Basque, biasanya pintxos berupa roti dengan aneka topping yang “dilekatkan” dengan tusuk gigi, di mana pengunjung akan membayar sesuai jumlah tusuk gigi yang terdapat di piring. Pintxos inilah yang kini diperkenalkan kepada pecinta kuliner di Bali oleh Miura Pintxos Bar & Grill yang berlokasi di Jalan Camplung Tanduk 99, Seminyak.

Memperkenalkan Spanyol

Miura yang namanya digunakan untuk restoran semi terbuka ini diambil dari nama Don Eduardo Miura, seorang peternak banteng petarung yang terkenal tangguh. Membiakkan spesies unggul untuk sebuah perayaan penting dalam kultur Spanyol perlu dedikasi, proses panjang, dan kerja keras yang tak berkesudahan, di mana filosofi ini jugalah yang diadaptasi oleh tim dapur Miura dalam mempersiapkan setiap hidangan. Menggunakan bahan-bahan segar terbaik dari Bali, Chef Taufan Rahamdhani yang telah menimba ilmu dari koki Spanyol menghadirkan aneka pintxos dan berbagai menu khas Spanyol, seperti Spanish Drunken Chicken atau ayam panggang yang dimarinasi semalaman dalam bir, kemudian dipanggang menggunakan oven dan panggangan Josper, merek yang banyak digunakan restoran steik ternama karena menggunakan arang dan menghasilkan  temperatur tinggi, sehingga dapat memanggang 35 persen lebih cepat dibandingkan panggangan yang terbuka, namun daging tetap juicy. Karena panggangan Josper inilah maka Miura juga menjagokan menu-menu steik, lamb chop, dan iga bakar.

Selain pintxos, Miura juga menawarkan tapas dan paella yang tersedia dalam pilihan ayam dan seafood. Menu tapasnya memang terbatas, namun semuanya dipilih yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, seperti cumi goreng tepung dengan saus aioli pedas, gurita panggang dengan saus aioli dan paprika, dan pork belly renyah dengan saus buih dari jamur truffle.

Berbagai menu Miura paling nikmat disantap dengan sangria, baik yang terbuat dari anggur merah maupun putih. Kenikmatan minuman dengan jejak rasa manis, wangi kayu manis, dan potongan buah segar ini membuatnya pas untuk diteguk di tengah cuaca Bali yang panas. Berhubung Miura hanya 500 meter dari Pantai Seminyak, sangria ini juga tersedia untuk takeaway bagi yang ingin menikmatinya sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

Why we love it?

Selain dapat dipesan satuan, tersedia juga Pintxos Platter yang terdiri 10 jenis pintxos, yaitu antara lain roti dengan jamon Iberico dan telur puyuh; bacon dengan bawang yang dikaramelisasi dan keju; tuna mayo dengan sambal; chorizo dengan saus aioli; ikan dori goring dengan acar timun dan bawang merah; omelet kentang dengan tortilla dan sour cream; serta mini burger.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here