Tip Berkunjung ke Macao

  • Waktu terbaik berkunjung ke Macao adalah Oktober hingga April, ketika cuaca sejuk dan kering. Temperaturnya jarang berada di bawah 14 derajat Celsius dan tingkat kelembapannya pun rendah. Bila datang antara Juni hingga September ketika suhunya bisa lebih dari 30 derajat Celsius, pastikan membawa paying karena di bulan-bulan ini kerap turun hujan.
  • Cara terbaik mengeksplor Peninsula Macao adalah dengan berjalan kaki karena letak atraksi utamanya yang saling berdekatan, serta memiliki kawasan pejalan kaki yang bersih dengan papan penunjuk yang jelas. Walau begitu, moda transportasi bakal dibutuhkan untuk mengeksplor wilayah lain, misalnya untuk menuju Taipa dan Coloane dari Macao.
  • Hanya sebagian kecil masyarakat setempat yang dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris, sehingga wisatawan yang tak dapat berbahasa Kanton bakal kesulitan ketika harus menanyakan arah atau berkeliling kota dengan naik bus (supir bus pun biasanya hanya berbicara bahasa Kanton). Bila berencana tetap naik bus, ada baiknya meminta staf dari hotel tempat menginap untuk menuliskan destinasi yang ingin dikunjungi dalam huruf Mandarin, lalu menggunakan aplikasi Google Maps agar tahu kapan harus turun untuk menuju tempat yang diinginkan.
  • Macao dapat diakses naik feri dari Hong Kong, namun bila memutuskan untuk naik pesawat, bandara Macao terletak di lepas pantai Pulau Taipa dengan halte bus tersedia di luar Terminal Kedatangan yang rutenya ke berbagai pelosok di Macao. Pilihan termudah dari bandara untuk menuju hotel atau menjelajahi kota adalah dengan naik taksi.
  • Pemerintah Macao telah menyediakan layanan Internet gratis bernama WiFi GO yang dapat diakses di lebih dari 180 tempat di Macao, seperti terminal feri dan sejumlah atraksi wisata utama. Layanan ini tersedia mulai pukul 08:00 hingga 01:00 dini hari (atau 24 jam di lokasi tertentu).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here