Aman dengan Money Belt

Money belt, atau kantong serbaguna untuk menyimpan barang-barang berharga, terutama penting dikenakan saat hendak bepergian ke tempat-tempat rawan copet. Berikut beberapa tip untuk memilih dan menggunakan money belt dengan benar.

  • Berbagai model

Money belt hadir dalam banyak bentuk, mulai dari sekadar ikat pinggang yang diberi resleting di bagian dalamnya, tas pinggang mini, pouch yang dikalungkan di leher, hingga dompet dengan Velcro yang bisa dilingkarkan di paha. Sebelum membeli, pilih yang paling nyaman dikenakan karena benda ini harus menempel di tubuh.

  • Money Belt dengan RFID

Belakangan ini maling tak hanya mengincar uang dan perhiasan, namun juga data diri yang dapat diambil melalui paspor elektronik atau kartu kredit dengan gelombang radio. Karena itu, untuk melindungi data diri, pilih money belt yang telah dilengkapi dengan anti-RFID (Radio Frequency Identification).

  • Digunakan di Dalam Pakaian

Semua money belt dirancang untuk dipakai di bagian dalam pakaian agar lebih aman. Karena itu, bila ingin mengenakan money belt, sebaiknya memakai pakaian yang agak longgar agar tidak menarik perhatian.

  • Membawa Lebih dari Satu

Demi keamanan yang berlapis, apalagi ketika memasuki daerah yang rawan di suatu destinasi wisata, sebaiknya gunakan lebih dari satu money belt. Misalnya, yang berbentuk ikat pinggang untuk menyimpan uang , tas pinggang mini untuk memuat dompet, smartphone, dan paspor. Sedangkan dompet dengan velcro yang bisa dilingkarkan di paha dapat digunakan untuk menyimpan kartu ATM atau kartu kredit.

  • Sediakan Uang di Tempat Lain

Saat menggunakan money belt sebaiknya jangan terlalu sering mengaksesnya, sehingga orang lain akan tahu keberadaannya. Untuk itu, sediakan uang secukupnya di dalam tas atau tempat lain yang mudah dijangkau. Kalaupun perlu mengambil uang di dalam money belt, ada baiknya di tempat sepi atau tertutup, seperti kamar mandi.

  • Jangan Pernah Dilepas

Money belt dirancang untuk selalu digunakan sehingga jangan pernah dilepas, kecuali saat masuk bandara untuk pemindaian. Meskipun ketika tidur, apalagi ketika memilih menginap di kamar tipe dormitory di mana orang lain dapat masuk dan keluar kamar dengan mudah, tetap kenakan money belt tetap untuk mengindari tindak pencurian.

  • Tinggalkan Barang Berharga

Meski telah mengenakan money belt, sebaiknya tidak membawa barang berharga secara berlebihan. Penggunaan money belt ini sudah umum di kalangan turis, sehingga bisa saja pencopet yang nekat menggeledah korban dan merampas money belt dengan segala isinya.

  • Jangan Selalu Andalkan Money Belt

Karena penggunaan money belt sudah umum, ada baiknya melengkapi keamanan dengan menggunakan pakaian yang memiliki resleting di bagian dalam agar tidak dapat dibuka paksa dari luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here