Mencicipi Jajanan Unik Macao

0
541

Macao yang multikultur menawarkan jajanan jalanan unik dan tidak terdapat di tempat lain, yaitu:

Portuguese Egg Tart

Perbedaan egg tart ala Macao dan Hong Kong yang menjadi salah satu menu dim sum adalah di Macao, kulit pai-nya diisi vla manis dengan konsistensi yang mengingatkan akan crème brulee, lengkap dengan karamelisasi yang memberikan warna coklat yang indah pada permukaan vla. Paling nikmat disantap hangat-hangat, penganan ini dijajakan di banyak tempat di kota ini.

Roti Isi Pork Chop

Roti berisi irisan pork chop panggang yang renyah di luar dan lembut di dalam ini awalnya benar-benar hanya berupa pork chop yang diapit roti. Namun kini, ada juga variasi roti isi pork chop yang diberi sayuran dan telur mata sapi seperti burger.

Egg Rolls

Jajanan khas Hong Kong ini juga banyak dijajakan di Macao. Variasi waffle dengan tekstur gelembung-gelembung berukuran sedikit lebih kecil daripada bola ping pong ini dimasak sesaat setelah dipesan untuk langsung disantap. Rasanya renyah, manis, namun ringan, sehingga tidak mengenyangkan walaupun ukurannya cukup besar.

Nasi Seafood ala Portugis

Hidangan ini mengingatkan akan paella ala Spanyol dan risotto ala Italia, namun dalam versi yang lebih berkuah dengan kerang dan udang. Kuah hidangan ini adalah kaldu seafood yang dimasak dengan tomat sehinga rasanya menyegarkan.

Serradura

Secara harfiah, kata “serradura” dalam bahasa Portugis adalah bubuk gergaji. Memang kurang menerbitkan air liur untuk nama sebuah hidangan pencuci mulut, namun ketika disantap, tak sulit untuk segera jatuh cinta dengan hidangan berupa pudding ini. Disajikan berlapis-lapis antara biskuit manis yang dihancurkan sehingga sehalus bubuk gergaji, krim, susu kental manis, vanili, dan kembali diberi bubuk biskuit manis yang dihancurkan sebagai topping, jajanan ini banyak dijajakan di berbagai toko kue dan toko kudapan.

Biskuit Almond dan Dendeng Sapi

Dua jenis jajanan ini banyak dijual di berbagai tempat di Macao. Biskuit almond dengan jejak rasa kacangnya yang kuat terbuat dari tepung kacang hijau. Rasanya tidak terlalu manis, dan malah agak asin ini merupakan teman minum teh yang sempurna. Dendeng di Macao tak hanya dari daging sapi – walau sapi merupakan yang paling populer – tapi juga ada yang terbuat dari daging babi hutan.

PENGARUH PORTUGIS

Hasil dari koloni Portugis di negeri Tiongkok ini tentu saja sajian kuliner yang unik. Sebut galinha africana (yang bila diterjemahkan menjadi African chicken) merupakan ayam yang dimasak dalam santan dengan cabai dan bawang putih. Selain itu, ada juga pasteis de bacalhau (kroket ikan cod kering) dan porco balichao (daging babi yang dimasak dengan asam dan terasi) yang merupakan menu pembuka yang terkenal di Macao yang banyak memiliki restoran Portugis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here